Gagal Jadi Pengusaha Keramik, Namun Sukses Jadi Bagawan Properti

0
756

Gagal bukanlah hal yang harus membuat seseorang tak bisa mencapai kesuksesan. Benar kiranya pepetah mengatakan kegagalan hanyalah sukses yang terntunda. Hal ini juga menggambarkan titik balik kesuksesan Begawan properti di Surabaya yang nama projeknya lebih dikenal dari sang pemilik.

Dialah Tjandra Sugiharto, salah satu anak dari kongkomerat pengusaha nasional yang belum lama ini tutup usia. Awalnya akhirnya terjun ke dunia properti lantaran ketidaksengajaan.  Pria yang telah 3 dekade mengembangkan properti di Surabaya dan sekitarnya ini berencana membangun pabrik genteng di atas lahan seluas 10 hektar yang dimilikinya. Namun karena terkendala perizinan ia pun memutar otak.

Melihat ramainya perumahan rakyat yang dibangun pemerintah mediao tahun 1981, ia pun nekat memutuskan membangun hunian meski tanpa pengalaman maupun latar background di bisnis properti.

Dengan melihat-lihat tipe dan model rumah yang ada, yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga jadilah kawasan elit Pondok Tjandra Indah, di Surabaya yang saat ini telah dihuni 8.000 keluarga dengan luas lahan berkembang menjadi 200 ha dari 400 ha yang dimilikinya.

“Awalnya 10 hektar, lalu setelah bangun, loh kok laku, uang dari konsumen saya pakai untuk beli tanah di kiri kanan perumahan hingga jadi 400 hektar,” jelas pria ramah ini.

Dengan terbatasnya modal, Tjandra mengaku melakukan semua sendiri, mulai desain, perizinan, awasi pembangunan (kontraktor) hingga finishing termasuk marketing. Namun setelah berkembang ia pun dibantu orang-orang ekspert di bidangnya.

Seiring berjalannya waktu Pondok Tjandra Indah yang inspirasi nama kawasan terinspirasi dari kawasan elit Pondok Indah di Jakarta itu, bermetamorfosa menjadi kawasan elit di Surabaya. Bahkan hanya Pondok Tjandra Indah yang memiliki 2 akses tol dalam kawasan hunian yakni Selain itu adanya akses tol Tambak Sumur dan Akses tol dari dan menuju Bandara Juanda. Dan awal investasi akan semakin meningkat dengan adanya akses langsung ke jalan MERR II-C yang menghubungkan Surabaya dengan kota lainnya.

Saat ini, Pondok Tjandra Indah dilengkapi dengan fasilitas komplit, mulai tempat ibadah, pertokoan, sekolah, perkantoran, sport club, security 24 jam, one gate system, dan jaringan under ground. Ke depan, akan ditambah dengan Rumah Sakit Mitra dan Sekolah PPPK Petra.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.