Kiat Bertahan di Bisnis Waralaba Ritel

0
182
minimarket buka 24 jam (dok potretnews.com)

Bisnis Waralaba retail pada umumnya memiliki feedback profit yang baik, sehingga para pelaku usaha retail memiliki peluang besar untuk bisa berkembang dibandingkan usaha lainnya. Namun dalam proses pemilihan usaha waralaba retail perlu dipikirkan secara seksama, karena pemilihan usaha inilah yang nantinya menentukan perjalanan usaha ke depan. Perkembangan usaha waralaba retail cukup pesat dapat dilihat dari banyaknya brand waralaba retail yang berdiri dan terus bermunculan.

“Tidak semua waralaba retail dapat berkembang dan bertahan dengan baik. Untuk mencapai kesuksesan pada bisnis tersebut, bukanlah hal yang mudah dan perlu strategi yang matang,” ujar Bambang Wahyu Purnomo dari pengamat waralaba.

Karena itu, Pewaralaba wajib mempersiapkan konsep usahanya dengan baik serta tekun dan fokus dalam menjalankan usahanya. Berikut beberapa tips atau kiat-kiat sukses di bisnis waralaba retail:

  1. Belajar untuk menguasai strategi bisnis dan mengoreksi segala kekurangan dan kesalahan. Pembelajaran bisa juga didapatkan dengan melakukan konsultasi kepada para konsultan bisnis maupun waralaba.
  2. Kuatkan konsistensi diri terhadap brand yang sudah dipegang dan memperkuat brand agar tetap terus diterima oleh semua masyarakat.
  3. Memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan dengan menjaga dan meningkatkan kualitas produk agar pelanggan terus merasa puas dan tidak pindah ke lain hati.
  4. berinovasi dalam pelayanan yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pelanggan.
  5. Membuat panduan khusus kerja sama dengan Mitra agar tidak terjadi konflik yang tidak diinginkan. Demi mencapai kesuksesan bersama, Pewaralaba (pemilik merek) dan Terwaralaba (pembeli merek) harus rutin melakukan komunikasi. Dengan adanya komunikasi diharapkan agar setiap permasalahan yang timbul dapat diselesaikan bersama tanpa mementingkan ego sendiri.
  6. Selain itu, Pewaralaba (pemilik merek) dan Terwaralaba (pembeli merek) juga harus sama-sama menjalankan promosi dalam melakukan penjualan dan penguatan
  7. Pewaralaba harus memberikan support kepada Terwaralaba baik dalam hal promosi maupun inovasi-inovasi produk, serta menguasai usaha yang digeluti agar dapat membantu Terwaralaba jika membutuhkan bantuan.
  8. Rutin melakukan controlling mulai dari kualitas produk, harga, sampai pelayanan yang tetap terjaga, sehingga dapat menjadi kekuatan daya saing dengan kompetitor. Karena sekali saja kualitas yang ditawarkan mengalami penurunan, maka pelanggan akan berpaling kepada kompetitor.

Selain beberapa hal tersebut, yang paling penting adalah terus mempelajari kekurangan dan terus berkonsultasi kepada konsultan atau orang yang lebih paham untuk memperkuat posisi brand menjadi peringkat tertinggi.

“Kiat-kiat di atas tidak hanya untuk bisnis waralaba retail saja, tapi juga bisa untuk seluruh bisnis waralaba lainnya, semoga bermanfaat,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.