Cara Mudah Berternak Properti Ala Developer

0
162
Ilustrasi pameran. (Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Berternak Properti mudah dilakukan jika dirimu adalah seorang pengembang properti. Apa maksudnya berternak properti?

Maksudnya adalah dirimu memiliki banyak properti di berbagai lokasi. Layaknya orang berternak tentu memiliki banyak ternah. Karena ini adalah berternak properti maka yang menjadi ternaknya adalah properti, bukan hewan ternak.

Bagaimana caranya berternak properti? Caranya mudah, yaitu dengan cara tidak menjual semua Produkmu ketika dirimu membangun proyek. Sisakan beberapa unit di tiap lokasi.

Misalnya membangun proyek perumahan di Pulapuang limapuluh unit maka sisakan tiga atau empat unit untuk tidak dijual. Mungkin untuk disewakan atau biarkan dalam bentuk kaveling kosong.

Jika disewakan maka dirimu akan mendapatkan passive income atau penghasilan pasif. Dimana uang tetap didapatkan walaupun dirimu tidak bekerja. Bahasa kerennya adalah kita tidak bekerja lagi untuk mendapatkan uang tetapi uang yang berkerja untuk kita.

Syaratnya tentu saja perumahanmu berada di lokasi yang banyak permintaan sewa sehingga harga sewanya bagus.

Jika dirimu memilih tidak membangunnya sekarang juga ngga apa-apa nanti dibangun dan dijual ketika masanya tiba. Masanya ya ketika harga sudah tinggi. Karena sudah takdirnya jika dalam kondisi normal harga properti itu selalu naik. Itulah masanya dirimu panen.

Begitu juga ketika membangun proyek di Lubuk Alung, sisakan juga beberapa unit untuk tidak dijual. Mudah bukan?

Bayangkan ketika dirimu punya banyak proyek di berbagai lokasi, di Kampuang Tangah, Sicincin, Marapalam, dan daerah lainnya maka dirimu akan punya banyak properti pribadi di lokasi-lokasi tersebut.

Tantangannya adalah nafsu ingin mendapatkan uang tunai secepatnya. Semua unit proyek dijual untuk mendapatkan uang tunai. Ngga salah memang tetapi dirimu tidak bisa menjadi peternak properti.

Tips-nya supaya sukses adalah mampu menunda kenikmatan. Konon menunda kenikmatan ini menjadi salah satu syarat untuk sukses, di bidang apapun.

 

Oleh:

Asriman A. Tanjung, Owner of asriman.com

Founder and Mastercoach of PropertyLearning Technologies, Inc.

Penulis buku Cara Benar Meraih Sukses di Bisnis Developer Properti yang diterbitkan Gramedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.