Meningkatkan Pendapatan Usaha Mini Resto

0
98
kuliner (dok cirebonkuliner.com)

Lokasi usaha sangat menentukan kemajuan dan omset yang didapatkan pelaku usaha. Seperti misalnya kita sering melihat usaha kuliner yang ada di pinggir jalan dan banyak dilalui kendaraan akan banyak didatangi konsumen walaupun makanan yang disajikan tidak lebih enak dari makanan sejenis lainnya.

Selain lokasi usaha, yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kunjungan konsumen ke tempat usaha ialah mengubah tampilan tempat usaha sehingga bisa menarik perhatian konsumen. Beberapa yang bisa dilakukan ialah dengan memasang spanduk yang menampilkan foto makanan yang menjadi andalan. Buat spanduk dengan warna-warna cerah dan juga jangan lupa tuliskan secara jelas nama usaha mini resto Anda di spanduk tersebut.

Lalu pasang lampu neon khusus berwarna–warni yang membentuk huruf nama resto yang jelas. Pasang papan nama neon ini dekat tempat usaha sebisa mungkin papan nama diletakkan di tempat yang bisa di lihat orang. Lampu-lampu neon di setiap meja diperbanyaknya sehingga semakin mampu mencuri perhatian. Kursi dan meja diperbarui, lebih bersih dan nyaman. Lalu tempat memasak dan dapurnya didesain agak ke depan, sehingga menguatkan eksistensi adanya usaha.

Efek komunikasi dari mulut ke mulut juga sangat berperan di bisnis makanan. Jadinya banyak pelanggan yang mulai tahu dan merasakan enaknya dan nyaman untuk makan di tempat Anda maka mereka akan mulai menceritakan ke relasi-relasinya tentang kelebihan yang dimiliki mini resto khas yang diusung misalnya khas Cirebon atau daerah lainnya.

Selain memperbaiki tempat seperti yang sudah di terangkan di atas, ada beberapa hal yang juga harus Anda lakukan:

  1. Coba Anda amati apakah pembeli yang pernah makan datang kembali ke Anda? Kalau ya, berarti rasa masakan Anda sudah cocok dengan selera mereka. Kalau jawabannya tidak, bisa jadi rasa makanan Anda belum cocok dengan lidah pelanggan atau layanan (service) karyawan Anda buruk. Jadinya mereka hanya beli sekali lalu tak kembali. Untuk itu perbaiki resep masakannnya kalau pelanggan belum kembali.

Buat lebih enak sembari ciptakan menu baru unggulkan dan kalau bisa yang unik sehingga bisa menarik minat konsumen. Buat juga menu-menu paket supaya pelanggan memesan lebih banyak. Misal paket menu makan berdua atau makan berempat. Selain itu layanan juga diperbaiki, misal pramusaji berseragam rapi, murah senyum, lebih ramah dan sopan pada pelanggan.

  1. Coba Anda rancang tempat makan Anda lebih ngejreng, lebih mencolok mata. Pasang lampu-lampu atau papan nama yang tampak jelas. Tujuannya supaya semakin banyak orang yang lewat dan menoleh lalu mampir ke tempat makan Anda. Taktik ini “menunggu bola”.
  2. Lakukan taktik “menjemput bola”. Lakukan penawaran ke perumahan sekitar pada radius 1-2 km dengan menyebar brosur menu makanan khas Cirebon yang Anda jalankan. Tawarkan layanan pengiriman (delivery order) sehingga bisa pesan makanan lewat telepon.
  3. Kalau dimungkinkan buat database pelanggan dengan memberi kartu keanggotaan. Minta nama, nomor kontak HP, dan tanggal ulang tahunnya. Kita berikan ucapan dan harga khusus buat pelanggan yang merayakan ulang tahunnya sehingga menarik banyak pembeli baru.

Akhir kata, saya ucapkan selamat mencoba taktik-taktik ini dan semakin laris bisnis

 

oleh: Istijanto Oei,

Pelatih dan Konsultan Bisnis Prasetiya Mulya,

Penulis Buku “Jurus-Jurus Sakti Wirausaha”,

www.istijanto.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.