Peluang Bisnis Cokelat Masih Bagus

0
268
Bisnis cokelat (dok pojokbisnis.com)

Perkembangan usaha di bidang makanan dan minuman masih merajai dibanding usaha di bidang lainnya, tak terkecuali usaha olahan olahan cokelat. Di samping tidak memerlukan modal besar, usaha olahan cokelat pun masih memiliki prospek yang menjanjikan. Apalagi jika kita lihat, hampir sebagian besar masyarakat gemar makan cokelat mulai dari anak-anak hingga orangtua.

Hanya saja jika dilihat dari jenis usaha olahan cokelat yang ada, masih didominasi oleh makanan seperti cake, tart cokelat, brownies cokelat, choco chip, dan permen cokelat. Karenanya peluang usaha minuman cokelat masih sangat terbuka lebar, terlebih jika ingin mengembangkan dengan sistem waralaba tentunya sangat prospektif.

Kita ambil contoh di pusat perbelanjaan atau mal, kebanyakan yang ada adalah toko kue cokelat atau sejenisnya, untuk minuman pasti yang kita temui adalah teh, kopi, atau jus buah, kalaupun ada hanya sebagai menu tambahan saja. Jarang sekali kita temui pelaku usaha yang menjual minuman cokelat sebagai menu utama.

Meski begitu, buatlah keunikan akan produk olahan cokelat yang akan ditawarkan, karena jika standar saja akan menjadi percuma dan sama saja dengan pelaku usaha lain yang menambahkan menu minuman cokelat dalam menu utamanya. Keunikan tersebut dapat menjadi modal dalam menghadapi persaingan usaha nantinya, dan dapat menjadi ciri khas untuk usaha minuman cokelat Anda.

Selain itu, diferensiasi produk hasil inovasi juga mutlak dilakukan, terlebih bagi Pewaralaba, karena jika tidak, dapat dipastikan usaha yang dijalankan hanya menjadi tren sesaat saja dan tidak bertahan lama. Coba kita ambil contoh, beberapa waktu lalu sempat booming yoghurt di pasaran, tapi karena tidak adanya inovasi, lambat laun usaha tersebut pun satu per satu tutup.

Dalam membuka sebuah usaha, faktor pemilihan lokasi pun sangat menentukan keberhasilan usaha. Untuk itu, pilihlah lokasi yang tepat dengan target juga segmentasi yang ingin dicapai. Misalnya, jika ingin menyasar kalangan menengah ke bawah, dapat berjualan di sekitar sekolah, kampus atau pasar. Namun jika menyasar kalangan menengah ke atas, cari lokasi yang menunjang seperti di mal atau foodcourt.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.