Dapur Solo, Suguhankan Masakan Tradisional dengan Nuansa Solo nan Kental

0
306
Dapursolo (dok dapursolo.com)

Berbicara mengenai kuliner Solo-Jawa Tengah, sontak terbayang dalam benak kita hidangan yang dominan bercitarasa manis. Namun di Restoran Dapur Solo yang telah ada sejak tahun 2006 ini, citarasa dari menu yang dihadirkan telah mengalami modifikasi sehingga sesuai dengan lidah masyarakat Jakarta yang kebanyakan lebih menyukai masakan bercitarasa gurih dan pedas.

Berbagai menu khas Jawa Tengah mulai dari menu utama, hidangan penutup hingga aneka kudapan dan camilan tersedia di restoran yang kini berada di tiga kawasan berbeda. Yakni di Jl. Danau Sunter Utara, Jakarta Utara, Jl. Sungai Sambas VI B3 No. 189, Jakarta Selatan dan di Ruko Melati Mas Square, Serpong-Tangerang Selatan ini. Sebut saja Nasi Liwet Solo, Nasi Langgi Special, Nasi Urap Solo, Asem-Asem Iga, Bubur Jawa hingga Sosis Solo.

Saat memasuki Restoran Dapur Solo, Anda akan disambut ramah oleh para pelayan yang menunggu di balik pintu masuk. Dalam ruangan yang mampu menampung sampai 150 orang ini Anda akan merasakan suasana homey dengan konsep modern kontomporer. Ini terlihat dengan kain-kain batik khas Solo-Jawa Tengah yang menghiasi lampu dinding dan lampu gantung. Bukan itu saja, alunan musik gamelan khas Jawa juga siap mengiringi para tamu yang datang.

Sembari menunggu pesanan, Anda akan disuguhkan sajian Combro dan Misro yang sengaja disediakan di atas meja sambil Anda menunggu pesanan. Salah satu menu khas Solo yang menjadi favorit di tempat ini adalah Nasi Liwet Solo. Tak perlu menunggu lama, hidangan yang berupa sepiring nasi gurih komplit ini pun telah tersaji di meja Anda.

Legitnya Nasi Liwet Solo.

Nasi Liwet Solo ala Dapur Solo dibuat dari beras pilihan Setra Ramos yang didatangkan langsung dari penggilingan padi di Karang Pandan-Jawa Tengah. Untuk menghasilkan citarasa nasi gurih yang sempurna, setelah dikukus, beras diaron bersama santan kental, garam, gula pasir dan daun salam. Kemudian dilanjutkan dengan pengukusan hingga matang dan menjadi nasi.

Nasi Liwet Solo disajikan bersama lauk pendamping berupa Sayur Labu, potongan Ati Ayam, Pindang Telur, Tahu Bacem dan Ayam Suir. Saat dihidangkan,  aroma harum daun salam terasa menggelitik bulu hidung dan siap memaksa Anda untuk segera menyantapnya.

Menu ala Dapur Solo yang juga tak kalah istimewanya adalah Asem-asem Iga. Sesuai dengan namanya, menu yang satu ini memang menawarkan sajian bercitarasa asam segar yang berasal dari irisan belimbing wuluh yang berpadu apik dengan pedasnya cabai rawit merah yang siap menggoyang lidah para penikmatnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.