Kopi Indonesia Primadona Paris Café Festival 2021

0
49
(Dok: pexels.com/Igor Haritanovich)

Paris – Kopi Indonesia kembali memikat pasar kopi internasional. Kali ini, melalui partisipasinya dalam Paris Café Festival 2021 pada 29—31 Oktober 2021, Paviliun Indonesia berhasil menarik minat lebih dari 2.000 pengunjung untuk sekaligus berkesempatan menikmati secara langsung kopi Indonesia.

“Selama pameran berlangsung, animo pengunjung terhadap Paviliun Indonesia cukup tinggi. Banyak dari mereka yang antusias menanyakan ketersediaan berbagai jenis kopi Indonesia di kedai-kedai kopi wilayah Paris,” ujar Atase Perdagangan Paris Ruth Joanna Samaria.

Paviliun Indonesia, yang merupakan satu-satunya paviliun negara produsen kopi di pameran ini, menghadirkan delegasi Special Coffee Association Indonesia (SCAI) yang membawa lebih dari 10 jenis kopi arabika Indonesia dengan merek dagang ‘Catur Kopi’.

Beberapa jenis kopi yang ditampilkan diantaranya berasal dari Bali (jenis Kintamani), Jawa Tengah (jenis Banjarnegara dan Sindoro), dan Nusa Tenggara Timur (jenis Manggarai). “Tak ketinggalan, turut dihadirkan pula dua barista ternama Indonesia, yaitu Mikail Jasin, juara ke-4 World Barista Championship 2019 dan Yessy Violin, juara Indonesia Cup Tasters 2018,” terang Ruth.

Dalam pameran ini, SCAI juga melaksanakan dua sesi coffee cupping yang menyajikan15 jenis kopi arabika Indonesia dan dihadiri lebih dari 50 importir kopi di Paris. Selain itu, delegasi SCAI juga telah melaksanakan pertemuan bisnis dengan sejumlah distributor kopi di Paris, antara lain dengan SCA France dan Clima Coffee.

Berdasarkan hasil sesi coffee cupping tersebut, beberapa distributor kopi di Paris menyatakan minatnya untuk mengimpor lebih banyak lagi kopi Indonesia ke Paris. Bahkan, Clima Coffee menyatakan keinginannya untuk melaksanakan sesi coffee cupping spesial yang akan mengundang beberapa kafe ternama di wilayah Paris. Hal tersebut sangat menguntungkan Indonesia karena dengan menyajikan kopi Indonesia di berbagai kafe terkenal di Paris, kopi Indonesia akan semakin dikenal di dunia gastronomi Prancis.

Ruth menambahkan, adapun potensi transaksi pembelian kopi Indonesia yang dihasilkan melalui pameran ini adalah sekitar USD 115 ribu per tahun dan kontrak pembelian berpotensi mencapai lima tahun kontrak.

“Selanjutnya, untuk menindaklanjuti hasil pameran ini dan memaksimalkan promosi produk kopi Indonesia di Prancis, kami akan menjadwalkan untuk langsung mengunjungi beberapa distributor kopi di Prancisdengan membawa beberapa sampel kopi dari SCAI,” pungkas Ruth.

Paris Café Festival 2021 merupakan kegiatan tahunan di Paris yang mempromosikan budaya minum kopi di masyarakat Paris pada khususnya, dan Prancis pada umumnya. Pameran ini diselenggarakan oleh Allegra Group yang bergerak khusus di bidang pengembangan industri kopi dan berpusat di Inggris.

Selain Paris Café Festival, Allegra juga menyelenggarakan kegiatan serupa di tujuhkota lainnya di dunia seperti London, Milan, Amsterdam, New York, Los Angeles, Toronto, dan Sao Paolo.