Manisnya Bisnis Banana Cake Khas Batam

0
920

 

Jenis kuliner di tanah air saat ini terus bertambah karena kuliner merupakan salah satu produk usaha yang bisa dikembangkan sesuai dengan kreativitas para pelakunya. Seperti misalnya makanan lokal atau khas daerah yang saat ini mulai ditinggalkan para peminatnya.

Seperti halnya banana cake. Dengan sedikit kreativitas dan pengembangan dalam bahan baku dan sistem pemasaran membuat kudapan berbahan dasar pisang ini banyak diminati. Selain karena memiliki rasa yang khas yang ditimbulkan dari bahan baku pisang barang yang sangat dikenal di daerah Batam, Sumatera Utara dan sekitarnya membuat banana cake ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut.

Benar saja, bukan hanya dikenal oleh masyarakat sekitar, kini banana cake khususnya Kek Pisang yang saya produksi juga dikenal oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke kota Batam.

Untuk merintis usaha pembuatan banana cake khas Batam ini sebenarnya tidak dibutuhkan modal yang besar. Keinginan yang besar untuk mengembangkan kuliner khas daerah merupakan modal yang paling berharga untuk menjalankan usaha ini. Modal dana yang dikeluarkan untuk usaha ini sekitar Rp 2 juta yang digunakan untuk membeli bahan baku dan peralatan membuat kue. Dengan modal dana dan kreativitas yang dimiliki menjadikan banana cake yang satu ini bisa di berkembang menjadi suatu kudapan khas daerah yang dapat menggugah selera para penikmatnya.

Banana Cake. Kudapan yang satu ini sebenarnya sudah dikenal oleh masyarakat luas, namun kurangnya varian produk yang ditawarkan membuat banana cake kurang dikenal. Banana cake (Kek Pisang) dibuat dengan menggunakan bahan baku utama pisang Barangan merupakan komoditi pertanian yang menjadi andalan masyarakat di Sumatera bagian utara.

Dengan rasanya yang manis dan aroma pisangnya yang khas, membuat pisang Barangan sangat cocok dijadikan bahan baku utama pembuatan banana cake. Saat ini banana cake yang saya buat  terdiri dari berbagai varian rasa. Selain rasa original, Kek Pisang juga memiliki varian rasa lain yaitu marble, black forest, buah naga, cheese naga, pandan cheese, choconut dan lain sebagainya. Banana cake ini ditawarkan dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 38 ribu hingga Rp 45 ribu.

Produk banana cake ini dibuat dengan standardisasi yang sangat tinggi sehingga bisa menghasilkan suatu produk dengan kualitas yang terbaik dan banyak diminati konsumen dari dalam dan luar negeri. Dari berbagai varian yang ditawarkan, banana cake dengan varian pandan cheese, black forest, serta choconut merupakan berbagai varian yang saat ini banyak diminati pasar.

Cara Membuat. Untuk membuat banana cake ini diperlukan beberapa bahan baku dan peralatan. Bahan baku utama yang digunakan antara lain pisang Barangan sebanyak 2 buah, namun bila tidak terdapat pisang jenis ini bisa diganti pisang jenis lain misalnya pisang Ambon atau pisang lainnya. Selain itu juga dibutuhkan bahan baku lain yaitu 300 gram margarin, 200 gram gula halus, 6 kuning telur, 5 putih telur, 250 gram tepung terigu, kemudian 1/4 sendok teh vanili bubuk dan 1/4 sendok teh baking powder. Sedangkan peralatan yang perlu dipersiapkan ialah blender untuk mencampur, wadah dari plastik atau mangkuk, loyang, oven dan lain sebagainya.

Setelah bahan baku tersedia, langkah berikutnya adalah proses perebusan pisang selama sekitar 10 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan proses pencampuran bahan baku yang diawali dengan mencampurkan margarin degan gula halus hingga lembut. Setelah itu masukkan kuning telur lalu dikocok kembali hingga rata. Bila sudah, dilanjutkan dengan memasukkan tepung terigu, vanili, dan baking powder ke dalam adonan lalu diaduk kembali.

Pisang yang telah direbus dimasukkan, lalu diaduk rata kembali. Putih telur dikocok di wadah yang berbeda kemudian putih telur disatukan ke dalam adonan dan diaduk rata. Setelah benar-benar tercampur, adonan dituang ke dalam loyang yang sebelumnya telah diolesi margarin dan kemudian dipanggang dalam oven dengan suhu 180º C selama +/- 45 menit. Bila telah sampai pada waktu yang telah ditentukan, diangkat dan dikeluarkan dari loyang.

Proses selanjutnya adalah pemberian topping atau dekorasi pada banana cake yang telah matang. Untuk topping ini bisa diberikan sesuai dengan selera misalnya topping cokelat, kacang dan lain-lain. Setelah itu, banana cake siap disajikan menjadi sekitar 20 potong.

Pemasaran dan Promosi. Untuk memperkenalkan produk banana cake ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.  Selain dengan menawarkan secara langsung ke rumah-rumah maupun perkantoran, cara lain yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk banana cake ini adalah mengadakan event yang berhubungan dengan banana cake, membagikan tester di berbagai tempat keramaian, dan juga menggandeng Dinas Perdagangan setempat untuk mengadakan pameran di daerah maupun dalam sekala nasional.

Selain dengan cara konvensional, pemasaran produk banana cake ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media teknologi informasi seperi pembuatan website serta memanfaatkan media sosial yang ada.

Dengan berbagai sistem pemasaran yang dilakukan tersebut, tidak heran bila banana cake (Kek Pisang) bisa diterima konsumen dari semua golongan baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan beberapa negara lainnya.

Kendala dan Prospek. Kendala dalam usaha ini hampir tidak ada, namun untuk lebih mengembangkan usaha perbaikan sistem informasi dalam mendukung kegiatan usaha perlu diperbaiki dan dikembangkan.

Prospek usaha banana cake ini sangatlah menjanjikan asalkan bisa melayani konsumen dengan baik, terus mengembangkan inovasi produk, dan promosi yang terus ditingkatkan bukan tidak mungkin usaha banana cake ini semakin berkembang. Prospek yang cerah di usaha banana cake ini bisa dilihat dari penjualan yang dilakukan Kek Pisang setiap bulan yang mencapai 40 ribu pcs dari beberapa cabang yang tersebar di kota Batam dan sekitarnya.

 

oleh : Denni Delyandri, ST

Pemilik CV. Media Kreasi Bangsa

Kawasan Industri Citra Buana Lot 38 Batam Centre

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.