Melirik Bisnis Minuman Kesehatan Beromset Ratusan Juta

0
1113

Saat ini banyak sekali pelaku usaha yang membuat makanan dan minuman namun mengesampingkan kesehatan konsumen. Atas keprihatinan pada kesehatan masyarakat inilah membuat Andhika Krisna atau disapa Dhika menggeluti bisnis minuman kesehatan.

Dhika yang sebelumnya berdagang obat-obatan herbal, melihat peluang usaha yang cukup menjanjikan dari bisnis ini. Ia pun mendirikan PT Heksatamaprima sejak tahun 2006 dengan merogoh modal sebesar Rp. 80 juta yang diambil dari saku pribadinya.

Pria kelahiran Jakarta, 14 Maret 1969 ini di awal usahanya tidak langsung membuat minuman kesehatan. Saat itu ia memproduksi obat herbal seperti Habbatussauda, Minyak Habbatussauda dan obat herbal kemasan kapsul. Usahanya dari tahun ke tahun terus berkembang dan ia pun terus melakukan inovasi baru, hingga di tahun 2012 Dhika memutuskan membuat minuman kesehatan instan dengan kemasan sachet yang memiliki komposisi anggur hitam, blackberry, blueberry, rosella dan daun ashitaba.

Ternyata respon pasar dan beberapa masukan dari berbagai konsumen, minuman kesehatan dalam bentuk sachet kurang begitu diminati dan kurang instan untuk penyajiannya. Oleh karena itu ia pun membuat minuman kesehatan dalam bentuk cair dengan kemasan botol 250 gr maupun dalam kemasan kapsul yang cukup praktis dan mudah untuk dikonsumsi yang diberi brand Nikmaka.

Menurut Dhika, prospek usaha ini cukup menjanjikan ke depannya dan pangsa pasarnya pun cukup luas dengan menjangkau semua kalangan baik untuk dewasa maupun anak-anak. Karena ia melihat saat ini masyarakat Indonesia mulai menyadari gaya hidup sehat dan beralih pada produk-produk herbal yang lebih aman dan tidak beresiko.

Menurut Dhika, persaingan di bisnis ini pun cukup terbilang masih sedikit. Kalaupun ada pesaing, Nikmaka jauh berbeda dengan produk-produk di pasaran baik dari segi kualitas dan kemasannya.

“Adanya pesaing justru membuat saya terus berinovasi dan terus berupaya menghadirkan produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat, jika sudah berkualitas tentu biar masyarakat yang memilih produk yang terbaik,” jelasnya.

Dhika membuat minuman kesehatan Nikmaka yang mengombinasikan 19 bahan pilihan dari sayuran, buah-buahan dan pelengkapnya seperti madu, kurma, bayam merah, wortel, beras hitam, rosella unggu, blackberry, blueberry, daun ashitaba, kulit manggis, daun sirsak, anggur hitam, prem hitam, spirulina, daun stevia, bee pollen, royal jelly, curcuma dan zaitun. Kombinasi 19 herbal pilihan ini menurut Dhika merupakan kelebihan Nikmaka dibandingkan jenis minuman kesehatan lain.

“Biasanya minuman kesehatan di pasar hanya menggunakan satu atau dua bahan baku saja tanpa ada kombinasi dari sayur dan buah-buahan. Selain itu Nikmaka dalam proses produksinya menggunakan teknologi Nano, yaitu penyinaran menggunakan energi matahari yang dapat menghasilkan energi gelombang nanometer. Agar menghasilkan energi gelombang nanometer ini produk disinari secara Far Infra Red Ray selama beberapa jam.

Dalam membuat minuman kesehatan Nikmaka, Dhika juga melakukan uji coba dan dalam proses produksi melibatkan konsultan kesehatan, ahli gizi dan apoteker. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan minuman kesehatan yang aman, berkualitas dan dapat dirasakan khasiatnya. Menurutnya, daya tahan Nikmaka bisa sampai 1, 5 tahun, sedangkan jika sudah dibuka daya tahannya mencapai satu bulan. Agar Nikmaka bisa bertahan 1,5 sampai 2 tahun, Dhika menambahkan madu dan sari kurma.

Jenis Produk. Hingga saat ini Dhika telah memproduksi minuman kesehatan Nikmaka Fruits Vegetables Nano Food, Nikmaka Sari Kurma dan Nikmaka Etawa. Ia juga membuat produk herbal dengan berbagai khasiat.

Hingga kini sudah ada sekitar 50 jenis produk yang dibuat Dhika baik minuman kesehatan maupun obat herbal. Biasanya Dhika melakukan inovasi membuat produk  terbaru sekitar 6 bulan sekali termasuk dari segi kemasan.

Menurut Dhika minuman kesehatan produksinya memiliki berbagai manfaat antara lain Nikmaka Fruits Vegetables Nano Food bisa meningkatkan stamina, imunitas, memperbaiki pencernaan, sebagai anti aging (mencegah penuaan dini), dan menangkal radikal bebas.

Nikmaka Sari Kurma khasiatnya mempercepat proses pemulihan dari penyakit demam berdarah (DBD), dan meningkatkan trombosit, baik bagi ibu hamil dan menyusui, obat sembelit, mengatasi masalah pencernaan dan membentuk bakteri baik ke dalam usus, meningkatkan stamina, meningkatkan gairah seksual bagi para pria dan wanita, menjaga kesehatan mata, pertumbuhan tulang, mengobati hati dan radang dan mengatasi kegemukan.

Sedangkan Nikmaka Etawa terbuat dari susu kambing etawa yang diproses secara higienis. Manfaatnya antara lain mengatasi asam urat, mengatasi kelainan ginjal, meningkatkan kesehatan tubuh, dan memperbaiki sistem pencernaan.

Bahan  yang digunakan untuk membuat minuman kesehatan ini antara lain madu, kurma, bayam merah, wortel, beras hitam, rosella unggu, blackberry, blueberry, daun ashitaba, kulit manggis, daun sirsak, anggur hitam, prem hitam, spirulina, daun stevia, bee pollen, royal jelly, curcuma dan zaitun. Kalau alat katanya salahsatunya seperti blender tapi dalam kapasitas besar.

Agar bisa memenuhi permintaan pasar, setiap bulan Dhika memproduksi sekitar 4.000 buah produk dengan berbagai jenis, dan dari hasil produksi setiap bulannya Dhika bisa mengantongi omset hingga ratusan juta dengan keuntungan bisa mencapai 25% dan bisa balik modal dalam waktu 4 bulan sejak ia menjalankan usaha.

Agar pengembangan pasar lebih luas Warsono juga menerapkan sistem distributor dan agen. Saat ini distributor dari produk-produk PT. Heksatamaprima sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Seperti Aceh, Ambon, Balikpapan, Bandung, Bangka, Banjarmasin, Banten, Batam , Bekasi, Bima, Bogor, Ciamis, Cibinong, Cikarang, Cileungsi, Cirebon, Ciputat, Depok, Jakarta, Jambi, Jogjakarta, Karawang, Kalimantan Tengah, Kaltim, Lampung, Manado, Makassar, Medan, Merauke, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Riau, Samarinda, Semarang, Solo, Subang dan Sulawesi Selatan.

Syarat menjadi distributor cukup mudah dengan minimal pembelian 1.000 produk dan diskon harga bisa mencapai 10%-15%. Begitu pula untuk menjaid agen tidak terikat dan tidak ada batasan minimum order. Para distributor akan diberikan pelatihan pemasaran dan pelatihan menjadi therapist secara gratis, sehingga saat memasarkan produk PT. Heksatamaprima tidak akan menemukan kendala yang berarti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.