Atasi Stres dengan Terapi Warna

0
506
Atasi stres dengan terapi warna (dok befitglitz.com)

Tujuan terapi warna untuk mengekspresikan emosi seseorang. Intinya dia mengeluarkan terlebih dulu unek-unek apa yang menghambat dan dipendam untuk dikeluarkan terlebih dulu. Terapi ini bisa digunakan untuk penghilang stres dan digunakan untuk orang-orang yang mempunyai kencederungan depresi.

Depresi merupakan perasaan sedih yang mendalam sehingga akan menghambat aktivitasnya. Karena perasaan sedih yang berkepanjangan, maka akan timbul rasa tidak berguna pada diri hingga membatasi pergaulan, tidak mau melakukan aktivitas, tidak tertarik melakukan hobinya dan menolak berbicara dengan orang lain. Di satu sisi, ia perlu mengeluarkan ekspresinya dengan kegiatan mewarnai.

Selain depresi, agresivitas bisa diatasi dengan terapi ini. Agresif merupakan suatu sikap mudah marah atau mudah emosi. Di sini bisa saja tersimpan emosi dan amarah yang berlebih. Tetapi ketika energi itu dipakai untuk mewarnai, emosi akan dikeluarkan sedikit demi sedikit dengan warna yang dikeluarkan dalam bentuk karyanya.

Melatih Kesabaran.

Untuk mencapai ketenangan dan kualitas emosi yang lebih baik setiap orang akan berbeda-beda. Tetapi, semakin sering dan dalam jangka waktu yang lama, maka akan bermanfaat baik untuk melatih kesabaran. Dengan kesebaran, ketenangan dan kedamaian hati bisa melatih untuk menghargai diri sendiri serta orang lain.

Perubahan tersebut biasanya dilihat dari keluhan tingkat stress yang dimiliki yaitu berat, sedang atau ringan. Kalau tingkat stres ringan, akan terjadi perubahan selama satu minggu. Untuk tingkat stres sedang, dibutuhkan waktu satu bulan. Dan untuk stres berat dibutuhkan waktu 2-3 bulan.

Melalui terapi warna ada tata cara melakukannya agar mendapatkan hasil optimal. Pertama, jangan dibatasi waktu. Karena bila dibatasi waktu akan ada target hingga akhirnya menimbulkan tekanan sendiri. Jadi sebaiknya sediakan saja buku terapi warna berukuran kecil untuk dibawa berpergian.

Ketika ada waktu luang, maka kegiatan ini bisa dilakukan. Kedua, jangan ditargetkan harus selesai dalam satu kali pengerjaan. Hindari target kapan harus selesai dengan hasil yang baik. Biarkan Anda mewarnai dengan perasaan bebas.

Terapi warna juga dibutuhkan semua orang, mulai dari usia anak-anak hingga manula baik itu pria ataupun wanita. Tak tertutup profesi apapun, mulai dari ibu rumah tangga ataupun yang bekerja pasti memerlukan terapi ini dengan kapasitas yang berbeda.

Di samping untuk mengatasi stres, terapi warna juga bisa digunakan untuk mendekatkan hubungan seseorang, misalnya dalam keluarga. Seorang ibu akan lebih dekat dengan anak dan seorang anak akan lebih mudah mengungkapkan isi hatinya setelah melakukan terapi warna bersama-sama ini.

Ketika mewarnai, hati menjadi lebih damai. Ketika hati damai, maka segala ungkapan hati bisa mengalir lancar diceritakan. Tak hanya dengan anak, terapi warna ini juga bisa mendekatkan hubungan antara pasangan suami isteri. Melalui terapi warna, komunikasi yang sebelumnya tersendat bisa kembali hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.