Hati Lebih Damai Setelah Terapi Warna

0
671
Terapi warna (dok maman soelaeman.net, bp.blogspot)

Terapi warna merupakan salah satu bentuk terapi yang menggunakan metode warna. Seperti bentuk terapi pada umumnya, terapi warna menghasilkan efek yang dapat dirasakan ketika seseorang mulai menggunakan, melihat atau memanfaatkan warna-warna tertentu sehingga mempunyai pengaruh terhadap respon psikologisnya.

Terapi ini baik diterapkan dengan beberapa metode yaitu mewarnai, menggambar atau melihat warna tertentu. Misalnya dipakai warna dan lingkaran, kemudian melihat warna pada lingkaran tersebut. Nanti akan merefleksikan kira-kira akan melihat warna apa saja. Hal ini dilakukan karena sesungguhnya setiap orang akan memiliki respon berbeda pada warna-warna yang ada.

Diuraikan Jovita Maria Ferliana, M.Psi, Psikolog RS Royal Taruma, lewat metode menggambar mewarnai, kita akan melihat warna-warna apa yang dominan digunakan oleh orang tersebut atau kondisi dia pada saat itu.

Bila awalnya dia menggunakan warna-warna yang gelap karena ketika itu sedang depresi dan putus asa, setelah melakukan beberapa kali terapi warna, kita akan meminta dia menggunakan warna-warna yang berbeda.

Warna-warna yang berbeda itu akan digunakan dan efeknya dapat dirasakan serta berkaitan dengan suasana hatinya. Metode ini harus dilakukan dalam satu periode tertentu.

Untuk mewarnai atau menggambar bisa menggunakan pensil warna, krayon, spidol atau cat air. Untuk alat-alat yang digunakan ini bisa dilihat sifat yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan keinginan.

Tetapi yang paling favorit digunakan adalah pensil warna karena pensil warna bisa menghasilkan gradasi dan lebih bebas digunakan di segala usia. Jika menggunakan spidol tidak bisa mencampur dan terkadang menjiplak ke area belakang kertas. Dan untuk krayon akan cocok bila digunakan di atas bidang yang lebar.

Ekspresi warna yang kental terletak di pensil warna dan krayon. Sedangkan spidol berfungsi untuk kontrol. Sementara untuk cat air atau cat media. Cat akan dikeluarkan semua di atas kanvas. Segala bentuk ekspresi akan dituangkan di atas kanvas. Ini biasanya dikerjakan bagi orang-orang yang ingin menumpahkan seluruh emosi pada waktu yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.