Akankah Adidas Kalah Seperti Superman?

0
410
Logo Adidas (dk mainbasket.com)

Akhir bulan Mei lalu publik dikejutkan oleh kabar kalahnya DC Comics oleh perusahaan cokelat merek Superman asal Surabaya. PT Marxing Fam Makmur memang sejak lama menggunakan merek Superman untuk produk cokelat yang banyak ditemukan di warung-warung tradisional. Pasalnya perusahaan telah mendapatkan sertifikat merek dari Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham untuk menggunakan merek Superman di Indonesia.

Ihwal perusahaan yang memproduksi tokoh kartun Superman ini akan mendaftarkan mereknya ke Indonesia, tidak bisa didaftar karena merek itu telah dipegang PT Marxing. Alhasil DC Comic kalah baik di PN Jakpus maupun putusan MA menyatakan hal yang sama.

Akankah kasus yang menimpa DC Comics akan menimpa perusahaan Adidas yang tak bisa lagi menggunakan logo desain khas tiga garisnya sebagai merek dagang di Uni Eropa?. The Guardian menyebut karena Adidas tak bisa membuktikan karakter khas logo tersebut.

Padahal Adidas telah mendaftarkan logo oleh pendirinya Adi Dassler pada 18 Agustus 1949. Meski demikian, pengadilan menjelaskan logo tersebut tak cukup mengidentifikasi itu berasal dari Adidas.

Jika DC Comics berseteru dengan PT Marxing Fam Makmur, sedangkan Adidas berebut logo dengan Belgia Shoe Branding Europe.

Sebenarnya Adidas telah mendaftarkan logo tiga garis tahun 2014, namun  Shoe Branding Europe meminta kantor kekayaan intelektual Uni Eropa membatalkan kepemilikan logo Adidas di Eropa. Dengan pertimbangan Adidas gagal memberikan bukti yang menunjukkan bukti tiga garis produknya sebagai produk Adidas. Pihak Adifas pun sedang mengajukan banding ke Pengadilan Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.