Bagaimana Mengetahui Produk Kosmetik Ilegal atau Tidak?

0
976
Ilustrasi. (msglowkosmetik)

Berempat.com – Besarnya permintaan pasar akan produk kosmetik membuat bisnis ini tergolong menjanjikan. Khususnya di Indonesia, kaum hawanya selalu ingin tampil cantik maksimal. Tapi, sayangnya, besarnya pasar kosmetik di Indonesia justru sering dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab dengan memasarkan kosmetik yang tak jelas kandungannya. Berbagai kosmetik ilegal atau yang tak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bertebaran di mana-mana.

Tak terdaftar di BPOM berarti kandungan kosmetik belum jelas dan bisa saja menimbulkan efek samping yang bahaya bagi kulit. Di beberapa kasus, pengguna kosmetik ilegal akan mengalami iritasi kulit, menimbulkan jerawat di wajah, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Sayangnya, peredaran kosmetik ilegal ini sudah sangat besar. Karena itu bagi Anda kaum hawa harus berhati-hati dalam memilih kosmetik. Lalu, bagaimana caranya agar kita tahu kosmetik itu ilegal atau tidak?

Berdasarkan saran dari BPOM, kita perlu melakukan Cek KLIK, yaitu Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa.

Dimulai dari kemasan, pastikan Anda tidak membeli kosmetik yang kemasannya sudah rusak. Kemudian cek label pada kosmetik tersebut, bacalah dengan teliti. Jangan lupa cek izin edar atau nomor nitifikasi kosmetik. Bila tidak ada maka bisa jadi kosmetik tersebut ilegal. Terakhir perhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Sekarang, Anda bisa membeli kosmetik dengan lebih teliti lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.