5 Tips Mengembangkan Pemasaran Daring

0
269
Ilustrasi. (Pexels.com/startupstockphotos)

Berempat.com – Saat ini bisa dibilang semua bisnis sudah wajib menjalankan pemasaran digital atau pemasaran daring (online marketing) sebagai sarana komunikasi kepada target pasar. Kenapa harus pemasaran daring? Karena memang sekitar 80 juta orang sudah ada di internet.

Kalau tidak menggeser paradigma lama, maka kita akan semakin tertinggal oleh kompetitor.  Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar pemasaran daring bisa lebih maksimal? Founder Tras nCo Research, Tri Raharjo pernah memaparkan 5 hal yang perlu diperhatikan dalam memaksimalkan pemasaran daring.

  1. Pola Pikir Terhadap Website

Bila sebelumnya Anda berpikir website hanyalah company profile semata, maka mulai sekarang website juga sebagai sales marketing 24 jam. Perubahan paradigma ini penting karena kalau sudah menjadikan website sebagai sales marketing 24 jam, berarti penawaran produk sampai dengan peluang bisnis ada di website.

  1. Konten Website

Konten website haruslah berisikan penawaran mengenai produk atau jasa kita kepada end customer. Terangkan secara rinci, jelas dan gamblang mengenai produk atau jasa kita kepada target market agar mereka bisa tahu dengan jelas apa yang kita tawarkan. Kemudian, apabila menawarkan peluang bisnis maka penawaran tersebut pun harus ada di website.

  1. Pengunjung

Berusahalah meningkatkan jumlah pengunjung website kita dengan selalu update beberapa aktivitas mengenai bisnis. Apabila ada inovasi produk, jasa terbaru, atau kerjasama terbaru maka segeralah informasikan di website. Salah satu keberhasilan pemasaran daring adalah melalui search engine optimization (SEO). Maka jangan lupa buatlah kata kunci atau konten yang mudah diditeksi oleh Google. Ini menjadi kunci utama kita.

Karena saat ini hampir setiap orang mencari referensi apa pun di internet, maka kita perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai kata kunci. Setelah itu baru kita buat artikel yang menarik agar website kita bisa berada di halaman satu pada Google search. Semakin banyak artikel, semakin banyak pengunjung, maka akan semakin bagus posisi website kita di halaman satu Google.

  1. Desain Kreatif

Desain website kita dengan sangat menarik sehingga ketika orang melihat website kita, apa pun bentuk pertanyaan yang akan muncul sudah ada jawabannya di sana. Ketika semua itu bisa terpenuhi, barulah website kita powerful karena kita sudah memiliki pemasaran daring dengan konsep yang baik.

  1. Aktifkan Media Sosial

Media sosial adalah brand awareness kita. Buatlah konten media sosial kita setiap hari yang sesuai dengan target pasar. Misal, kalau kita adalah bisnis salon maka buatlah konten kecantikan. Atau kalau kita bisnis pendidikan maka buatlah konten yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Konten yang kita sampaikan harus mengarah. Karena artikel yang akan kita sampaikan nantinya memang harus sesuai dengan target pasar. Sehingga kita pun perlu menyiapkan semacam konten-konten harian.

Jangan lupa integrasikan pada media sosial. Artinya, ketika kita share konten di Twitter, maka konten tersebut akan ikut ter-share di media sosial kita lainnya. Kemudian, jangan lupakan juga kapan masa-masa pengunjung yang tinggi untuk masing-masing media sosial. Sehingga kita bisa atur kapan harus tampil di media sosial.

Dengan begitu akan lebih memudahkan kita untuk melakukan pola media sosial yang optimal. Hal-hal tersebut harus diperhatikan agar kita bisa memaksimalkan pemasaran daring dengan baik.

Sudah aktif menulis sejak 2011. Menggemari fiksi. Beberapa karya cerpen sudah dibukukan dan dimuat di berbagai media online. Sudah menelurkan 4 buah buku bertema inspirasi bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here