Industri Kecantikan Indonesia Berkembang Pesat: Menparekraf Apresiasi Jakarta X Beauty

0
271
Jakarta X Beauty
Industri Kecantikan Indonesia Berkembang Pesat: Menparekraf Apresiasi Jakarta X Beauty (Dok Foto: Menparekraf)
Pojok Bisnis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan Jakarta X Beauty yang kembali dihelat oleh Female Daily. Acara ini bertujuan untuk mendorong daya beli produk lokal, khususnya dalam industri kecantikan.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan kekagumannya, menyebut acara ini sebagai “the biggest beauty show in the world” yang kini menjadi pameran kecantikan terbesar di dunia di Indonesia.

Dia menyampaikan, “Saya sangat mengapresiasi, karena ini boleh dibilang the biggest beauty show in the world, jadi for consumer, for B2C, beauty exhibition terbesar di dunia sekarang ada di Indonesia.”

Tahun 2023 menjadi momen bersejarah bagi Female Daily X Beauty, dengan penyelenggaraan acara ini sebanyak enam kali di enam kota berbeda. Acara tersebut berhasil menarik hampir 300.000 pengunjung dan mencatat transaksi senilai lebih dari Rp 200 Miliar.

PT Mitra Mortar indonesia

Ciptakan Lapangan Kerja dan Nilai Ekonomi

Menurut Menparekraf, industri kecantikan adalah sektor yang besar, memberikan peluang besar untuk meningkatkan nilai ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

Menurutnya, “Industri kecantikan memiliki potensi besar, terutama ketika kita mengalihkan fokus kepada produk-produk lokal yang memenuhi standar kehalalan. Dampak positif dari strategi ini terlihat pada peningkatan signifikan dalam penciptaan lapangan kerja.”

Lebih lanjut, Menparekraf berharap bahwa partisipasi dalam acara Jakarta X Beauty akan terus meningkat. Ia mengungkapkan tujuan yang ambisius untuk periode selanjutnya, “Saya berharap pada tahun yang akan datang, jumlah pengunjung dapat mencapai 500 ribu, dan transaksi yang terjadi dapat mencapai kisaran antara Rp 375 Miliar hingga mencapai potensi Rp 500 Miliar.”

Peran Perempuan dalam Industri Kecantikan

Tidak hanya berfokus pada pertumbuhan bisnis, Menparekraf juga menyoroti peran perempuan dalam industri kecantikan. Dia menekankan pentingnya perempuan sebagai pemilik bisnis, yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Dengan meningkatnya jumlah pengusaha perempuan yang berhasil mengembangkan merek-mereknya dan mampu bersaing dengan merek besar lainnya, kita dapat meraih pencapaian dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” ungkap Menparekraf.

Sebagai langkah lanjutan, Menparekraf mendorong agar penyelenggara Jakarta X Beauty lebih aktif membuka acara di berbagai kota.

Sandiaga Uno menyampaikan dorongan untuk Jakarta X Beauty menjadi lebih aktif membuka acara di berbagai kota. Harapannya, agar dapat menguasai lebih dari 50 persen produk lokal dengan memerlukan sentuhan dan fasilitasi dari stakeholder serta pemerintah.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan