Bantuan El Nino: Panduan Cek Kelayakan dan Besaran Bantuan

0
325
Bantuan El Nino
Bantuan El Nino: Panduan Cek Kelayakan dan Besaran Bantuan
Pojok Bisnis

Bantuan El Nino merupakan inisiatif yang ditujukan kepada wilayah terdampak oleh perubahan cuaca akibat fenomena alam El Nino di Indonesia. El Nino sendiri adalah kejadian alam di mana suhu laut di Samudra Pasifik meningkat secara signifikan, mengakibatkan perubahan pola cuaca global.

Untuk memastikan kelayakan dan akses cepat ke BLT El Nino, ikuti daftar panduan berikut ini.

  1. Akses Situs atau Website Resmi BNPB

Langkah pertama adalah mengunjungi situs web resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Cari opsi “Cara Cek BLT El Nino” atau “Informasi Bantuan El Nino” di halaman utama. Hal ini akan membimbing Anda ke halaman khusus dengan informasi terkait.

  1. Gunakan Aplikasi Kementerian Sosial

Unduh aplikasi Kementerian Sosial pada smartphone Anda. Di dalam aplikasi, temukan layanan “Cara Cek Bantuan El Nino” atau “Pengecekan Kelayakan Bantuan El Nino”. Ikuti petunjuk untuk memeriksa apakah Anda memenuhi syarat untuk menerima BLT El Nino.

PT Mitra Mortar indonesia
  1. Pengecekan Langsung di Kantor Dinas Sosial

Jika tidak memiliki akses internet atau smartphone, lakukan pengecekan langsung di kantor Dinas Sosial terdekat. Sampaikan informasi yang diperlukan, seperti KTP dan data lainnya, kepada petugas terkait untuk memastikan kelayakan Anda.

  1. Besaran Nominal BLT El Nino

Presiden Joko Widodo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400.000 per bulan. Mekanisme rapel adalah Rp200.000 per bulan untuk November dan Desember. Rincian bantuan:

  • 200.000 untuk November 2023.
  • 200.000 untuk Desember 2023.

Total bantuan yang diterima setiap penerima BLT tersebut adalah Rp400.000 per bulan.

  1. Penyaluran Bantuan

Penyaluran BLT El Nino melalui kantor pos dimulai sejak 13 Desember 2023, sedangkan melalui perbankan dimulai per 14 Desember 2023.

BLT El Nino adalah upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh fenomena alam ini. Dana bantuan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar, seperti nutrisi, air bersih, sanitasi, serta mendukung pemulihan kondisi lingkungan dan infrastruktur yang rusak. Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh bantuan dengan mudah dan cepat.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan