Strategi Menarik Pelanggan Toko Bahan Bangunan

0
726
Bahan bangunan (dok dapurmodern.org)

 

Menjalankan bisnis ritel seperti salah satunya ritel bahan bangunan yang Anda jalankan memang harus selalu bisa mengikuti perkembangan yang ada, dunia usaha dan kebutuhan konsumen. Bisnis tersebut merupakan aktivitas bisnis yang terkait dengan penjualan dan pemberian layanan kepada konsumen untuk produk yang sifatnya personal seperti kebutuhan pribadi maupun keluarga.

Untuk bisa berhasil dalam menjalankan bisnis ini, pelaku bisnis harus dapat menawarkan produk yang tepat, dengan harga, waktu, tempat dan pelayanan yang tepat pula. Oleh karena itu penting, pelaku bisnis harus paham terhadap karakteristik target pasar serta konsumen yang akan dilayani serta harus tahu  apa yang diinginkan oleh konsumen.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis supaya pelanggan tetap membeli produk di tempat Anda, antara lain:

Buat strategi bisnis yang berorientasi pada keunggulan produk. Caranya jual produk-produk yang berkualitas dan yang lagi dicari oleh pelanggan namun tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya.

Ciptakan proses bisnis yang efektif dan efisien sehingga bisa menekan biaya operasional, serta mampu menjual  produk yang lebih kompetitif dibanding kompetitor. Pelayanan menjadi faktor penting dalam semua jenis usaha termasuk terhadap usaha yang Anda jalankan. Pelanggan adalah raja, sebagai raja ia harus dilayani dengan baik.

Kebanyakan orang Indonesia, keputusan untuk membeli suatu barang/produk bukan hanya semata karena harga namun juga sangat dipengaruhi oleh faktor pelayanan, baik pelayanan mulai dari pelanggan masuk, memilih barang sampai keluar bahkan lebih bagus jika sampai ke layanan purna jual. Pelaku bisnis harus mampu menyediakan layanan dan fasilitas yang memadai didukung oleh SDM yang ramah, bersahabat dan mempunyai  product knowledge yang bagus sehingga ketika ada pelanggan yang bertanya tentang produk-produk yang dijual mereka bisa menjelaskan dengan baik.

Buat strategi yang berorientasi terhadap keakraban dengan pelanggan. Strategi ini bicara mengenai bagaimana menjalin hubungan yang akrab dengan semua pelanggan sehingga mereka bisa menjadi mitra/relasi yang bisa diajak kerja sama yang berkelanjutan.

Misal saja memanfaatkan fasilitas jejaring social yang saat ini sudah tidak asing lagi dimasyarakat seperti Facebook, Twitter merupakan langkah yang bisa dilakukan sehingga bisa menjadi wadah bagi para pelanggan untuk dapat bertukar pikiran dan berbagai hal baik menyangkut produk yang dijual, pelayanan serta fasilitas yang tersedia ataupun yang lain.

Membuat program loyalty. Buatlah program loyalty yang unik dan menarik bagi konsumen. Program loyalty ini dilakukan untuk mengikat mereka pada konsumen dengan cara seperti membuat kartu anggota, kartu diskon yang bisa  memberikan kemudahan-kemudahan serta diskon yang spesial bagi para pelanggan setia.

Mengikuti perkembangan teknologi yang akan berperan besar untuk suksesnya bisnis yang Anda jalankan di masa yang akan datang. Untuk mengantisipasi permintaan masyarakat yang tinggi terhadap kebutuhan dan  pelayanan yang cepat perlu dipersiapkan sejak dini fasilitas yang sesuai dengan perkembangan teknologi seperti teknologi di bidang inventory, transaksi serta teknologi  yang bisa membantu hubungan dengan pelanggan.

Demikian beberapa strategi yang dapat Anda jalankan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih.

 

Oleh: Yoyo Subagyo

Konsultan Bisnis

Email: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.