Pasca Diblacklist Trump, Facebook, Instagram, WhatsApp dan Google Raib Dari Ponsel Huawei

0
189

Memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China sangat berdampak pada penjulan teknologi dan turunannya asal AS ke China. Pasca menerapkan nilai pajak 25% untuk berbagai produk asal China, Presiden Donald Trump juga memasukan perusahaan ponsel asal China Huawei ke daftar hitam (blacklist) padaMei lalu. Trump menduga Huawei dapat disusupi pemerintah China untuk memata-matai Negara lain termasuk AS.

Mengikuti langkah orang nomor satu di AS itu, perusahaan mesin pencarian terbesar Google juga telah menangguhkan kerja sama dengan Huawei. Dengan demikian pengguna Huawei tak lagi bisa update dan melisensi Android di ponsel Huawei mulai pertengahan Agustus 2019. Konon mengatasi hal tersebut Huawei segera Operating Sistem (OS) yang dikembangkan sendiri.

Selain Google, Facebook Inc, raksasa media sosial ini tidak lagi mengizinkan pra-install aplikasi di ponsel Huawei baru. Dengan demikian, ponsel baru asal China itu tak memiliki aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram yang terinstal secara otomatis di ponsel Huawei keluaran terbaru.

Seperti diketahui, Huawei kerap memasukkan aplikasi populer pada ponselnya sebelum dijual ke pasar yang memudahkan pengguna. Hal ini pula yang meningkatkan penjualan Huawei. Meski demikian, Pengguna masih bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mendownload langsung di Google Play Store dan juga akan menerima pembaruan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.