Seimbangkan Suplai dan Permintaan Pasar Kerja, Pemerintah Lakukan Ini

0
342
Pabrik dan produk seragam militer PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex). (Dok. Sritex)

Berempat.com – Demi menyeimbangkan antara suplai dan permintaan pasar kerja, pemerintah tengah menyusun roadmap Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. Penyusunan roadmap ini melibatkan lintas kementerian.

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menyatakan, pemerintah ingin investasi sumber daya manusia (SDM) dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan vokasi agar sesuai dengan permintaan pasar kerja.

Roadmap ini akan memetakan sektor-sektor industri yang membutuhkan masifikasi pemenuhan SDM. Sehingga, dengan adanya roadmap ini akan memudahkan pemerintah dalam menyusun dan melaksanakan program pendidikan atau pelatihan SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri,” terang Hanif usai mengikuti Rapat Koordinasi Roadmap Pendidikan dan Pelatihan Vokasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Jakarta, Kamis (19/4).

Dengan apa yang dilakukan pemerintah saat ini, Hanif yakin akan tercipta keseimbangan antara suplai yang merupakan hasil dari pendidikan dan pelatihan vokasi dengan kebutuhan tenaga kerja di pasar kerja.

Saat ini, pemerintah sudah memprediksi beberapa sektor industri yang sekiranya akan terus tumbuh dan membutuhkan banyak tenaga kerja. Beberapa seperti agrobisnis, pariwisata, manufaktur, tenaga kesehatan, ekonomi digital, dan pekerja migran. Dengan begitu penyediaan SDM akan lebih difokuskan kepada beberapa sektor tersebut.

“Terus ketika kita bicara dari proyek strategis nasional kita apa saja. Misalnya infrastruktur, 10 destinasi wisata baru. Itu kebutuhan pekerjanya berapa banyak, jabatannya apa,” terang Hanif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.