Gaya Hidup, Kontributor Terbesar Utang

0
587

“Doyan ga doyan, mesti pegang gelas kopi merek gaul, biar keren..” Demikian kata-kata yang lumrah didengar masyarakat kota besar beberapa tahun terakhir.

Padahal jika dihitung berapa besar uang yang dikeluarkan dalam setiap bulannya sekadar hanya untuk kongkong di gerai-gerai label ternama pergaulan ala-ala zaman now ini, jika jumlah tersebut dikalikan dengan asumsi bunga berbunga instrumen investasi, Anda akan terkejut melihat angka berapa nilai yang Anda bisa saving hanya dengan mengurangi bahkan menghilangkan salah satu kebiasaan seperti ini.

Berdasarkan Survey Manulife Investor Sentiment Index menyatakan sebagian besar investor menyebut biaya kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup sebagai kontributor terbesar utang mereka.

Pengeluaran yang menyebabkan para investor Indonesia berhutang di antaranya kehidupan sehari-hari, seperti makanan, transportasi dan asisten rumah tangga (38%), biaya kesehatan (38%), gaya hidup (34%), biaya pendidikan anak (28%), serta sewa tempat tinggal (27%).

Seharusnya, biaya-biaya tersebut dapat dimitigasi dengan mudah melalui pengelolaan keuangan yang lebih baik. Tips saya adalah anda #saveregularly your income supaya anda terhindar dari bencana keuangan.

 

Oleh:

Andri Taufik, Senior Financial Planner

2019 Million Dollar Round Table

Hp: 0818828231

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.