Langkah Jitu Hadapi Persaingan Usaha

0
91
indomaret-alfamart (dok Young Entrepreneur Academy)

 

Semakin banyaknya pesaing dalam usaha adalah hal yang wajar dalam menjalankan sebuah usaha. Karena siapa saja boleh menjalankan usaha serupa dan yang terpenting adalah bagaimana pelaku usaha menerapkan prinsip dagang yang benar agar usahanya terus maju dan berkembang.

Pertumbuhan pasar bisnis pulsa sebenarnya bagus, tapi pertumbuhan pelaku bisnis pulsa juga sangat cepat, sehingga seolah-olah pasar mengecil.  Itu sebabnya harus ada upaya ekstra agar dapat bersaing dengan baik sehingga bisnis kita dapat meraih laba dan terus berkembang.

Perihal pemilik kios yang terkesan pilih kasih, karena Anda tidak akrab, solusinya adalah Anda harus mulai akrab dengan pemilik kios. Hubungan baik dengan pelanggan, pemilik kios, tukang parkir, Ketua RT/RW, karang taruna dan pihak lainnya yang berpengaruh secara sosial, sangat penting untuk mendukung kemajuan Anda.

Kembali mengenai kiat bersaing, sejauh ini, yang saya tahu, harga pulsa di mana-mana hampir sama. Jadi banting harga tidak diperlukan, yang penting adalah:

  1. Kedekatan Anda dengan pelanggan. Semakin Anda dekat dengan mereka, semakin banyak pelanggan yang setia. Banyak pembeli pulsa yang tidak terlalu peduli dengan selisih harga seribu rupiah. Mereka beli kepada penjual yang merasa sudah cukup kenal baik dan akrab dengan pelanggan.
  2. Memperluas jaringan pemasaran, misalnya ke kantor-kantor perusahaan, pemerintah dll.
  3. Untuk pelanggan setia, bisa diberi kelonggaran pembayaran, misalnya dibayar saat gajian.
  4. Mengembangkan produk. Selain berjualan pulsa, Anda mungkin sudah jualan HP seken, aksesoris HP. Jika memungkinkan anda bisa menjual jasa servis HP.

 

Oleh: Bambang Suharno,

Direktur Indonesain Entrepreneur Society (IES),

Penulis Buku “ Tujuh Cara Tidak Gila Jadi Pengusaha” dan Puluhan Buku Lainnya.

Email : [email protected]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.