ExxonMobil Umumkan Akuisisi Federal Oil

0
613
Federal Oil. (Federaloil.co.id)

Berempat.com – ExxonMobil melihat besarnya potensi Asia Pasifik sebagai pasar pelumas dengan pertumbuhan tercepat. Salah satunya adalah Indonesia dengan besarnya pangsa pasar yang dipunya. Karena itu, untuk memperkuat lini bisnisnya, ExxonMobil pun mengumumkan rencana akuisisi 100% saham Federal Oil.

Federal Oil merupakan produk keluaran PT Federal Karyatama yang sahamnya dimiliki oleh PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. dan yang terafiliasi lainnya. Dengan akuisisi ini, maka ExxonMobil yang akan memegang kendali penuh terhadap Federal Oil. Proses akuisisi ini ditargetkan selesai pada kuartal III tahun 2018.

“Dengan aksi akuisisi ini, kami akan terus memperkuat bisnis pelumas dan melayani pelanggan dengan lebih baik di Indonesia,” ujar Presiden ExxonMobil Fuels & Lubricants Company Bryan Milton dalam keterangan resminya, Senin (30/4).

Bagi Bryan, dengan akuisisi ini ExxonMobil akan mendapatkan kunci bagi merajai pangsa pasar pelumas di Indonesia, yakni karyawan dan distributor Federal Karyatama (FKT) sebagai salah satu pabrik pelumas sepeda motor terbesar di Indonesia.

“Akuisisi ini juga akan membuat kami memiliki armada karyawan dan distributor FKT yang bakal menjadi penyokong kuat bisnis ExxonMobil di Indonesia,” sambungnya.

Pasalnya, karyawan dan distributor FKT dinilai memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam strategi bisnis pelumas di Indonesia. FKT pun disebut salah satu pabrik dan memiliki merek peumas sepeda motor terbesar di Indonesia dengan kapasitas 700.000 barel per tahun.

ExxonMobil memang telah menganggap Asia Pasifik sebagai salah satu pasar pelumas yang tumbuh paling cepat di dunia. Apalagi, ke depan dengan akuisisi ini akan ada kombinasi dengan merek pelumas mobil Premium yang sudah dimiliki perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Senior Vice President Pelumas ExxonMobil Nigel Searle mengatakan, pihaknya memang berencana memperkuat bisnis di kawasan Asia. Keinginan itu didorong oleh perkiraan 70% permintaan pelumas dunia akan ada di Asia dalam beberapa dekade ke depan. Pasalnya, ada potensi pembangunan ekonomi yang kuat karena didorong oleh kalangan kelas menengah yang terus berkembang.

“Kami terus melakukan investasi strategis di seluruh rantai nilai bisnis pelumas. Hal itu demi memastikan bisa menjaga pangsa pasar yang baik untuk memenuhi permintaan pelumas global yang terus meningkat,” ujarnya.

ExxonMobil lewat anak usahanya telah beroperasi sekitar 120 tahun. Sejak 1979, perusahaan AS itu mengklaim sudah berinvestasi di Indonesia senilai US$23 miliar. Sementara itu, FKT adalah salah satu perusahaan yang memiliki produk pelumas sepeda motor terbesar di Indonesia sejak 1988. Perusahaan pemegang merek Federal Oil itu memiliki jaringan distribusi sebesar 40 dealer, 3.200 federal oil center, dan lebih dari 10.000 pengecer di seluruh Indonesia.

Saat ini, transaksi akuisisi masih tertunda karena menunggu persetujuan dari regulator di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.