Sehati TeleCTG Bantu Bidan di Daerah Terpencil Deteksi Dini Gangguan Kehamilan

0
722
Pojok Bisnis

Berempat.com – Sehati TeleCTG bersama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal beberapa waktu lalu telah melakukan sosialisasi program dan implementasi penggunaan aplikasi Sehati dan alat medis TeleCTG di daerah terpencil di Indonesia, dengan pilot project dimulai di Kabupaten Kupang.

Program ini bertujuan untuk pemerataan pelayanan tenaga kesehatan melalui ekosistem Sehati TeleCTG. Dipilihnya Kabupaten Kupang sendiri sebagai pilot project karena merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki urgensi yang cukup tinggi terhadap angka kematian ibu dan anak. Salah satu tantangan terbesar untuk mengatasi hal tersebut adalah penyediaan tenaga kesehatan terlatih, khususnya Dokter dan Bidan.

Pilot project ini diadakan selama 3 bulan dan sudah dimulai sejak Desember 2018. Sebelum program ini berjalan, Tim Sehati yang dibantu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang telah memilih 14 Bidan dari 14 Puskesmas di Kabupaten Kupang, untuk diberikan pelatihan dan penyampaian materi tentang faktor resiko gangguan kehamilan dan cara penggunaan alat medis TeleCTG. Matri disampaikan oleh CEO dan Founder dari Sehati TeleCTG Dr. Ari Waluyo, SpOG. Selain memberikan materi, para Bidan juga melakukan praktik langsung ke Ibu Hamil menggunakan Aplikasi Bidan Sehati dan alat medis TeleCTG.

Menurut Dr. Ari, monitoring yang dilakukan oleh Tim Sehati ini selain melihat langsung penggunaan Aplikasi Sehati dan alat medis TeleCTG, juga memastikan para Bidan yang telah mendapatkan pelatihan dapat menggunakan Aplikasi Sehati dan alat medis TeleCTG dengan baik dan benar agar saat pilot project berakhir masih dapat digunakan secara berkala.

Top Mortar gak takut hujan reels

“Secara geografis, letak setiap Puskesmas di Kabupaten Kupang cukup berjauhan. Jika ditempuh dari RSUD Kabupaten Kupang, terdapat Puskesmas yang jaraknya lebih dari 250 kilometer. Bukan hanya jaraknya yang jauh namun aksesnya yang sulit dengan kondisi jalannya yang belum sempurna. Hal ini yang membuat para Bidan harus lebih cepat saat merujuk Ibu Hamil, bukan hanya cepat namun harus tepat. Pada Aplikasi Bidan Sehati ini dapat mendeteksi dini faktor resiko yang dimiliki oleh ibu hamil sehingga para Bidan dapat mempersiapkan rujukan terencana kedepannya,” terang Dr. Ari pada keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (27/2).

Sehati TeleCTG juga memfasilitasi Bidan-Bidan yang tergabung selama pilot project ini untuk mengikuti kelas online. Di kelas online ini Bidan mendapatkan materi oleh dokter spesialis, materi yang diberikan adalah materi-materi tentang kasus yang paling banyak terjadi di lapangan.

Penggunaan Aplikasi Sehati dan alat medis TeleCTG sudah 3 bulan pelaksanaannya. Pada tahap ini para Bidan sudah memasukkan data lebih dari 300 ibu hamil dan terdeteksi berbagai macam faktor resiko yang dimiliki oleh ibu hamil, adapun faktor resiko terbanyak yaitu Anemia dan KEK (Kekurangan Energi Kronis).

Dengan adanya aplikasi Bidan Sehati ini, mereka terbantu mendeteksi gangguan kehamilan bagi ibu hamil karena lebih mudah memberikan intervensi. Selain itu, dengan penggunaan alat medis TeleCTG ini dapat dengan cepat mendeteksi permasalahan pada janin dan ibu hamil, bidan dapat langsung berhubungan dengan dokter spesialis kandungan. Dengan demikian, saat ada anjuran merujuk Bidan lebih percaya diri karena sudah ada diagnosis yang lebih tepat.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.