Ada Skema Beli Rumah Baru dari Pemerintah untuk Generasi Milennial Lho

0
657

Berempat.com – Pemerintah saat ini kabarnya tengah merumuskan skema baru untuk generasi Milennial yang mau memiliki rumah. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Saat ini, menurut Basuki, skema tersebut tengah dibahas oleh Kementerian PUPR dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami siapkan skema baru agar para milenial mudah memiliki rumah,” ungkap Basuki saat acara Ulang Tahun Bank BTN ke 42 yang bertajuk ‘Spirit of KPR BTN – Growing with Millenials’, di Jakarta, Senin (10/12).

Basuki pun melanjutkan bahwa skema tersebut akan mulai dijalankan pada tahun depan sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain untuk generasi milennial, skema fasilitas pembiayaan perumahan yang sama juga akan diberikan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri. Dengan skema pembiayaan yang baru ini, tidak akan ada lagi aturan pembatasan besar penghasilan yang sebelumnya diharuskan antara Rp 4 juta-Rp 7 juta.

Selain itu, suku bunga yang akan dikenakan pun di bawah 5% dengan uang muka 1%. Adapun pemerintah akan memberikan bantuan uang muka sebesar Rp 4 juta.

Basuki pun mengatakan agar harga rumah yang ditawarkan nantinya terjangkau, maka pemerintah akan memanfaatkan tanah milik pemerintah sebagai solusi. Pasalnya, harga tanah di kawasan perkotaan saat ini sudah sangat tinggi. Padahal, harga tanah sangat menentukan besaran harga rumah yang dijual.

“Jangan sampai pada saat  pensiun, para milenial sekarang termasuk ASN, anggota TNI/Polri dan karyawan BUMN, nantinya masih belum juga memiliki rumah,” imbuh Basuki.

Basuki pun memberi apresiasi kepada Bank BTN yang senantiasa memberikan saluran KPR FLPP kepada masyarakat berpenghasilan rendah hingga di usia yang ke-42 tahun ini. Apresiasi disampaikan Basuki sebab BTN dianggap telah berkontribusi pada keberhasilan Program Satu Juta Rumah dimana tahun 2018 mencapai 1.041.323 unit atau melebihi target sejak dicanangkan pada 2015 silam.

“Sementara dalam mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Presiden Jokowi sejak tahun 2015 silam, BTN sudah menyalurkan KPR untuk 2,2 juta unit rumah kepada masyarakat baik yang subsidi maupun non subsidi,” ujar Direktur Utama BTN, Maryono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.