Bos Grab: Kita Bisa Tunjukkan pada Dunia Perusahaan ASEAN Bisa Jadi Pemenang

0
434
Pendiri dan CEO Grab, Anthony Tan. (BBC)

Berempat.com – Siapa yang tak senang jika perusahaan yang dipimpinnya berhasil mengkudeta kompetitor utama. Itulah yang dirasakan oleh pendiri sekaligus bos Grab, Anthony Tan setelah berhasil mengakuisisi operasional perusahaan transportasi daring asal Amerika, Uber di kawasan ASEAN.

“Banyak teman startup mengatakan, ‘dude, kamu menunjukkan pada begitu banyak orang di Asia Tenggara tentang apa yang mungkin bisa dilakukan’,” ujar Tan dalam sesi wawancaranya bersama BBC di Singapura, Jumat (6/4).

Menurut Tan, perusahaan rintisan asal Asia Tenggara bisa menciptakan nilai lebih dan menunjukkan pada dunia seperti apa kualitas yang dipunya.

“Kita sebenarnya bisa menciptakan banyak value dan menunjukkan pada dunia bahwa perusahaan asal Asia Tenggara bisa muncul sebagai pemenang,” ujar pria kelahiran Malaysia tersebut.

Seperti diketahui, Grab telah berhasil mengakuisisi operasional Uber untuk kawasan Asia Tenggara. Imbalannya, Uber akan mendapatkan saham 27,5% Grab dan CEO Uber masuk ke dalam jajaran dewan petinggi Grab.

Dengan akuisisi itu otomatis Grab menjadi penguasa bisnis penyedia jasa transportasi daring di kawasan Asia Tenggara. Namun, untuk wilayah Indonesia Grab masih harus bersaing dengan GO-JEK sebagai pemain besar.

Namun, berhasil mengakuisisi operasional Uber di kawasan ASEAN tak membuat Tan puas. Ia bahkan masih berambisi untuk membesarkan Grab.

“Kupikir banyak orang meremehkan perusahaan Asia Tenggara. Tapi kami terus berkata bahwa kami bisa membangun perusahaan sekelas Alibaba atau Tencent di Asia Tenggara,” ujar Tan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.