Terlibat Skandal Pencurian Data, Facebook Bekukan Akun AggregateIQ

0
288
Ilustrasi Facebook. (ipolitics.ca)

Berempat.com – Akun Facebook sebuah konsultan politik asal Kanada, AggregateIQ telah dibekukan oleh pihak Facebook setelah adanya laporan jika perusahaan itu memiliki akses data pribadi para pengguna Facebook. Hal itu sebagaimana yang diwartakan oleh Reuters, Sabtu (7/4).

“Mengingat laporan terbaru bahwa AgregatIQ mungkin berafiliasi dengan SCL (Strategic Communication Laboratories) dan mungkin, sebagai hasilnya, telah menerima data pengguna FB secara tidak benar, sementara kami menyelidiki kami juga telah menambahkannya ke daftar entitas yang kami skors dari platform kami,” tulis pernyataan Facebook seperti dikutip dari Reuters.

Saat ini posisi Facebook memang sedang berada di bawah tekanan kuat setelah data jutaan penggunanya bocor. Dan yang mengejutkan jutaan data yang bocor itu diketahui ada di tangan konsultan politik asal Inggris, Cambridge Analytica.

Christopher Wylie, seorang yang pernah bekerja di Cambridge Analytica mengatakan bahwa konsultan politik itu juga bekerja sama dengan AggregateIQ. Sementara itu SCL merupakan kontraktor pemerintah dan militer yang merupakan induk dari Cambridge Analytica.

Dari pernyataan Wylie, AggregateIQ diketahui terlibat skandal dengan kelompok kampanye pro-Brexit ketika Inggris memilih keluar dari Uni Eropa. AggregateIQ dikatakan menerima sejumlah uang dari kelompok pro-Brexit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.