Startup eFishery Kembali Raih Pendanaan, Kali Ini Sebesar US$4 Juta

0
750
Startup eFishery Kembali Raih Pendanaan, Kali Ini Sebesar US$4 Juta. (Dok. BBC Indonesia)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Perusahaan startup yang bergerak di bidang perikanan, eFishery baru saja mengumumkan bahwa pihaknya telah menerima pendanaan terbaru. Kali ini pendanaan datang dari Aqua-spark, Wavemaker Partners, 500 Startups, Maloekoe Ventures, Social Capital, Unreasonable Capital, Triputra Group, serta beberapa lembaga pendanaan lainnya dengan total US$4 juta atau setara Rp 59 miliar.

CEO eFishery Gibran Hudzaifah mengungkapkan, rencananya dana ini akan digunakan untuk ekspansi bisnis. Sampai saat ini, eFishery diklaim telah mampu mencatatkan pertumbuhan profit hingga 261 kali lipat dalam 2 tahun terakhir.

“Kami bertujuan menjadi platform yang menghubungkan seluruh ekosistem dalam budidaya ikan dan udang, menciptakan industri yang lebih bertanggung jawab dan menguntungkan di seluruh wilayah,” ujar Gibran dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

eFishery saat ini sudah memiliki cakupan pasar dan digunakan di 67 wilayah yang tersebar di 16 provinsi di Indonesia. Startup ini bahkan tengah menjajal proyek perdana di Bangladesh, Thailand, dan Vietnam.

Top Mortar gak takut hujan reels

Dalam daftar perusahaan yang ikut memberikan pendanaan kali ini, terdapat Aquaspark yang sebetulnya bukanlah investor baru. Dengan keikutsertaannya pada pendanaan kali ini, Aquaspark pun telah meningkatkan investasinya di eFishery yang diyakini punya potensi besar di masa depan.

“Kami pikir industri ini akan meningkat tiga kali lipat dalam 30 tahun ke depan. 80 persen industri akuakultur ada di Asia, dengan Indonesia saja yang memiliki lebih dari 4 juta petani ikan. Jenis solusi ini (yang dibuat eFishery) membuat pertanian berkelanjutan lebih menguntungkan. Ini tentu akan mengubah industri,” ujar Pendiri dan Mitra Pengelola Aquaspark Amy Novogratz.

Aquaspark sebelumnya telah memimpin ronde pendanaan eFishery bersama dengan perusahaan VC Indonesia pada 2015 lalu.

eFishery sendiri merupakan startup penyedia solusi teknologi Internet of Things (IoT) bagi usaha tambak dalam hal pemberi pakan otomatis bersensor. eFishery mampu mengukur nafsu makan ikan sehingga alat akan memberi makan ikan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Dengan demikian, alat tersebut dapat meminimalisir pemborosan dalam hal pemberian pakan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.