Posisi Elon Musk di Tesla Resmi Diganti oleh Sosok Ini

0
374

Berempat.com – Elon Musk kini sudah tak lagi menjabat sebagai kepala eksekutif Tesla Inc. sesuai dengan permintaan Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Sebagai gantinya, Robyn Denholm pun ditunjuk sebagai pengganti Elon Musk.

Adapun penunjukkan ini dilakukan sebagai kesepakatan antara Tesla dengan regulator sekuritas AS pada September lalu sebagai bentuk penyelesaian tuduhan penipuan yang dilakukan oleh Musk dan Tesla. Namun, para ahli hukum mengaku masih sangsi terhadap Denholm. Pasalnya, Denholm yang sudah berada di dewan Tesla selama 4 tahun diragukan bisa independen untuk Tesla untuk mematuhi penyelesaian yang disetujui oleh pengadilan.

Dikutip dari Reuters, Jumat (9/11), Denholm pernah bekerja di Toyota Australia, lalu menjadi kepala keuangan di perusahaan telekomunikasi Australia Telstra Corp Ltd. Kemudian Denholm memutuskan pindah ke Tesla pada 2014 dan fokus berperan serta membangun Tesla. Denholm adalah direktur Independen dan kepala komite audit Tesla dengan upah hingga US$5 juta.

Sebagai informasi, Musk terpaksa digantikan oleh Denholm karena telah dianggap gagal menetapkan target produksi untuk mobil Model 3. Selain itu, hal fatal yang dilakukan Musk ialah saat berkicau di Twitter bahwa ia telah mendapatkan dana untuk mengubah Tesla menjadi perusahaan pribadi. Kicauan itulah yang mendorong SEC mengajukan tuduhan penipuan terhadapnya.

Musk pun diketahui menyetujui penunjukkan Denholm sebagai pengganti posisinya di Tesla. Namun, kendati tak lagi menjabat sebagai kepala eksekutif, Musk diketahui masih menjadi pemegang saham terbesar Tesla.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.