AQUA Jadi yang Pertama di Indonesia Terapkan Botol 100% Daur Ulang

0
35
Ilustrasi botol minum daur ulang. (Unsplash.com)

Berempat.com – Produsen air mineral kemasan AQUA mengklaim jadi yang pertama di Indonesia yang menerapkan kemasan botol berbahan daur ulang dan bisa didaur ulang. Pengenalan kemasan botol AQUA 100% daur ulang ini dilangsungkan pada perhelatan Our Ocean Conference (OCC) 2018 pada 29-30 Oktober lalu di Bali.

Menurut Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA) Corine Tap, desain tersebut merupakan tonggak pencapaian yang penting untuk mencegah tambahan sampah di laut dan menerapkan prinsip sirkuler reduce-reuse-recycle.

“Sebagai botol daur ulang 100 persen pertama di Indonesia, desain kemasan ini diluncurkan dalam tampilan minimalis tanpa label plastik dan dekorasi tambahan. Pemakaian 100 persen material rPET juga berarti kemasan botol AQUA yang baru akan dibuat sepenuhnya dari botol lainnya. Sehingga, tidak ada plastik tambahan yang digunakan untuk memproduksi kemasan botol ini,” ujar Corine Tap.

Desain baru ini juga diklaim sebagai bukti bahwa AQUA dapat menerapkan daur ulang plastik sepenuhnya, bahkan sudah bisa beralih ke sistem ekonomi terbarukan dan restoratif untuk pengelolaan plastik sebagai sumber daya secara terus menerus. Proses produksi yang inovatif juga mengurangi jumlah emisi karbon secara signifikan dibandingkan proses konvensional.

“Kami membangun sebuah ekosistem bersama para mitra untuk membantu kami mendesain ulang berbagai produk demi meraih misi kami, yaitu memberi kebaikan melalui penyediaan hidrasi yang sehat kepada komunitas Indonesia, sembari melestarikan kekayaan alam negara ini,” imbuh Corine.

Inovasi kemasan ini pun menjadi penanda dalam mewujudkan komitmen #BijakBerplastik dalam pilar Inovasi Produk dan telah menjadi langkah konkret menuju model bisnis sirkuler tanpa limbah plastik.

Saat ini, semua kemasan botol plastik AQUA bisa didaur ulang 100% dan mengandung 25% persen rPET. Bahkan, saat ini 70% produk AQUA dikemas dalam kemasan galon yang bisa dikembalikan dan digunakan kembali.

Penikmat musik Nirvana, penyuka ayam goreng, dan mengidolakan Eka Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here