Laba Bersih Bank Danamon di Kuartal 3-2018 Masih Stabil

0
357
Ilustrasi Bank Danamon. (tabelangsuran.com)

Berempat.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (Bank Danamon) mengumumkan laporan keuangan di kuartal 3-2018. Laba bersih setelah pajak (NPAT) Danamon masih dianggap stabil sebab mengalami kenaikan tipis sebesar Rp 3,038 triliun, dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp 3,034 triliun.

“Laba bersih setelah pajak Bank Danamon di sembilan bulan pertama tahun ini berada pada posisi stabil,” ujar Wakil Direktur Utama Bank Danamon Michellina Triwardhany dalam rilis yang diterima, Kamis (25/10).

Sementara untuk giro dan tabungan (CASA) naik 3% menjadi Rp 49,1 triliun. Selain itu, rasio CASA pun membaik menjadi 49,1% dari 47,5% dari periode yang sama tahun sebelumnya karena peningkatan rekening tabungan yang bersifat granular.

“Deposito tercatat turun 3% menjadi Rp50,9 triliun, di mana Bank Danamon melakukan pelepasan dana mahal. Struktur pendanaan yang lebih baik ini menghasilkan biaya dana (cost of fund) yang lebih rendah, serta membangun fondasi yang baik untuk pertumbuhan ke depannya,” jelas Michellina.

Dia menjelaskan bahwa rasio kecukupan modal Bank Danamon (Capital Adequacy Ratio/CAR) tetap menjadi salah satu yang terbaik di antara bank-bank di kelompoknya. CAR konsolidasian berada pada posisi 22,3%, sementara CAR bank only tercatat sebesar 23,1%.

Adapun pendapatan biaya atau fee income (tidak termasuk credit related fee) tercatat Rp 935 miliar atau tumbuh sebesar 13% secara setahunan. Pertumbuhan ini didukung oleh kontribusi net underwriting profit Adira Insurance yang tumbuh 25% menjadi Rp 447 miliar.

“Sementara fee income Bancassurance tumbuh 11% menjadi Rp 266 miliar,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.