Opening Ceremony Asian Games Sukses, Traffic Data Telkomsel Melonjak Drastis

0
553
Pojok Bisnis

Berempat.com – Perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang telah resmi bergulis semenjak Presiden Joko Widodo meresmikannya di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). Sebagai pendukung penyelenggaraan pesta olahraga akbar se-Asia tersebut, Telkomsel mencatatkan lonjakan traffic data sampai 720% di Sumatera dan 95 kali lipat di Jakarta.

Executive Vice President Telkomsel Area Sumatera Paulus Djatmiko mengungkapkan, lonjakan 720% di Jakabaring Sports City (JSC) adalah lonjakan penggunaan layanan data. “Trafik voice mengalami kenaikan sebesar 522 persen,” ujarnya dalam keterangan pers di Pekanbaru, Riau, Selasa (21/8).

Menurut Paulus, melonjaknya penggunaan data ini terjadi lantaran banyak pelanggan yang membagikan foto maupun video melalui media sosial maupun aplikasi pesan singkat.

Telkomsel sendiri sudah melakukan penambahan Base Transceiver Station (BTS) sehingga kini berjumlah 44 BTS segala jaringan (2G, 3G, 4G) dari yang sebelumnya hanya berjumlah 13. Selain itu, Telkomsel juga telah mempersiapkan 3 Compact Mobile BTS (COMBAT) yang akan beroperasi selama Asian Games 2018 berlangsung di Jakabaring Sports City.

Top Mortar gak takut hujan reels

Lonjakan penggunaan data Telkomsel juga terjadi di Jakarta sebagai lokasi acara opening ceremony Asian Games 2018. Lonjakan mencapai 8 kali lipat, bahkan mencapai 95 kali lipat di kawasan Gelora Bung Karno.

“Lonjakan payload atau layanan data ini terjadi karena lancarnya jaringan Telkomsel di GBK, sehingga banyak yang memanfaatkan layanan kami,” ujar Executive Vice President Area Jabotabek-Jabar Telkomsel Ririn Widaryani.

Ririn mengklaim, saat ini kecepatan data rata-rata yang bisa dirasakan pelanggan Telkomsel mencapai 4 Mbps. Sehingga pelanggan bisa lancar meengunggah berbagai momen seru selama opening ceremony Asian Games.

Sementara itu, menurut Ririn, media sosial menjadi penyumbang kontribusi tertinggi penggunaan layanan data selama opening ceremony Asian Games karena peningkatannya mencapai 400% dibanding hari-hari biasa.

Lancarnya jaringan komunikasi yang dimiliki Telkomsel saat opening ceremony Asian Games tak terlepas dari penggunaan teknologi terbaru yang digunakan, seperti Lampsite dan TDD Massive MIMO.

Ririn sendiri mengaku bersyukur atas keberhasilan Telkomsel dalam melancarkan penggunaan data para pelanggan selama opening ceremony berlangsung.

“Tentunya Telkomsel juga telah menyiapkan jaringan terbaiknya tidak hanya di GBK saja, tetapi di semua venue Asian Games berlangsung,” tutup Ririn.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.