Menhub Harap Pembangunan Bandara Sukabumi Bisa Dimulai di Awal 2019

0
907
Ilustrasi. (TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan lokasi pembangunan bandara untuk wilayah Sukabumi. Lokasi tersebut berada di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Untuk itu, baik Kemenhub maupun Pemprov Jabar ingin mempercepat realisasi pembangunan Bandara Sukabumi.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar agar pembangunan ini bisa segera terlaksana. Pembebasan lahan ditargetkan selesai tahun ini juga dan pembangunan diharapkan bisa awal 2019,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip dari Antara saat kunjungan kerja di Cisolok, Kamis (2/8).

Menurut Budi Karya, anggaran pembebasan lahan menjadi tanggung jawab Pemprov Jabar, sedangkan pembangunan fisik menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang kurang lebih membutuhkan dana Rp 400 miliiar. Adapun luas lahan yang digunakan untuk bandara tersebut sekitar 150 hektare.

Sementara itu, target penyelesaian pembangunan Bandara Sukabumi pada 2021 dan sudah bisa dioperasikan pada 2022. Dengan adanya bandara ini, Budi Karya meyakini dapat semakin mempermudah akses perhubungan yang ditunjang dengan akses jalan darat seperti pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi.

Top Mortar gak takut hujan reels

Selain itu, dengan adanya bandara ini pastinya pertumbuhan ekonomi di Sukabumi bisa lebih cepat karena dipastikan akan semakin banyak wisatawan yang datang ke objek wisata yang ada, khususnya Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang merupakan geopark dunia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.