DPR Minta Pemerintah Desak Google Berbagi Keuntungan Dengan Media Lokal

Hal tersebut karena banyak konten media lokal yang dimasukkan ke platform Google dan dicari oleh masyarakat Indonesia.

0
68
Kantor Google Indonesia (Dok: Kompas.com)

Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir menilai, Pemerintah harus mampu menekan Google untuk berbagi keuntungan dengan media lokal. Hal tersebut karena banyak konten media lokal yang dimasukkan ke platform Google dan dicari oleh masyarakat Indonesia.

“Perusahaan-perusahaan media lokal banyak memasukkan berita-beritanya ke dalam Google. Tentu untuk memudahkan pencarian berita, masyarakat di Tanah Air pun mengakses Google. Pemerintah perlu menekan Google, karena Google pasti untung. Publik jadi lewat Google kalau mau nyari berita,” ungkap politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, Selasa (23/2/2021).

Pemerintah, kata Hafisz, harus berhitung keuntungan dengan pihak Google. Selalu ada mekanisme bagaimana membagi keuntungannya. Tak ada yang dirugikan dengan pembagian keuntungan tersebut.

Menurutnya, di masa sulit dan pengetatan anggaran karena pandemi Corona ini, justru sangat bagus jika ada peluang untuk berbagi.

“Tidak ada yang dirugikan kok. Google tetap untung dengan masuknya berita-berita milik portal-portal Indonesia,” tegas legislator daerah pemilihan (dapil) Sumatera Selatan I ini.