Begini Cara Membuat Kata Kunci Menarik Versi Google

Pemilihan kata kunci yang tepat merupakan langkah awal yang sangat penting dilakukan

0
30
Membuat kata kunci merupakan langkah awal yang sangat penting.

Istilah kata kunci atau keyword adalah sesuatu yang akan sering kamu temui jika ingin melakukan pemasaran atau kampanye di dunia digital. Pemilihan kata kunci yang tepat merupakan langkah awal yang sangat penting dilakukan jika kamu ingin materi pemasaran atau kampanye kamu dibaca banyak orang.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat tentu diperlukan cara atau trik tersendiri. Semakin baik kata kunci pada yang digunakan maka semakin besar peluang artikel atau materi kampanye kamu dikunjungi orang.

Bagaimana cara membuat kata kunci yang baik? Berikut tips yang disarankan oleh Google.

Berpikirlah dari sudut pandang pelanggan ketika kamu membuat daftar

Tuliskan kategori utama bisnis kamu, lalu tuliskan istilah atau frasa yang dapat masuk ke dalam setiap kategori tersebut. Sertakan istilah atau frasa yang akan digunakan pelanggan untuk menggambarkan produk atau layanan kamu.

Contoh:

Jika kamu menjual sepatu olahraga untuk pria, kamu dapat memulai dengan beberapa kategori dasar yang akan digunakan pelanggan, seperti “sepatu olahraga pria”. Kamu juga dapat menambahkan “sepatu kets pria,” dan “sepatu tenis pria,” jika kamu merasa bahwa istilah tersebut umum digunakan untuk produk kamu. Perluas daftar lebih lanjut lagi dengan menyertakan nama merek dan produk kamu.

 

Memilih kata kunci yang spesifik untuk menargetkan pelanggan tertentu

Pilih kata kunci yang lebih spesifik yang berkaitan langsung dengan tema iklan jika kamu ingin menargetkan pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk tertentu. Menggunakan kata kunci yang lebih spesifik berarti iklan hanya muncul untuk istilah yang sesuai dengan bisnis kamu. Namun perhatikan bahwa jika kata kunci terlalu spesifik, kamu mungkin tidak dapat menjangkau sebanyak mungkin orang yang inginkan.

Contoh

Jika kamu menjual sepatu olahraga pria, sebaiknya kamu memilih kata kunci yang spesifik seperti “sepatu basket pria,” salah satu jenis sepatu yang kamu tawarkan. Dengan cara tersebut, misalnya, iklan kamu akan layak tampil ketika seseorang menelusuri jenis sepatu tersebut atau mengunjungi situs web tentang basket.

 

Memilih kata kunci yang umum untuk menjangkau lebih banyak orang

Pilih kata kunci yang lebih umum jika kamu ingin menjangkau orang sebanyak mungkin. Perhatikan bahwa kamu mungkin akan kesulitan menjangkau calon pelanggan jika menambahkan kata kunci yang sangat umum karena iklan dapat muncul untuk penelusuran yang tidak selalu berkaitan dengan bisnis kamu. Selain itu, kata kunci yang lebih umum dapat lebih bersaing dan mungkin membutuhkan jumlah bid yang lebih tinggi.

Uji kata kunci umum, lalu tentukan kata kunci mana yang memberi kamu hasil yang lebih baik. Seumum apa pun kata kunci kamu, kata kunci tersebut harus selalu relevan dengan iklan dan situs kamu.

Contoh

Jika toko sepatu kamu besar, kamu dapat memilih kata kunci umum seperti “sepatu”. Dengan begitu, misalnya, iklan kamu akan memenuhi syarat untuk ditampilkan saat seseorang menelusuri variasi sepatu yang luas atau mengunjungi situs tentang fesyen.

 

Mengelompokkan kata kunci yang serupa ke dalam grup iklan

Untuk menampilkan iklan yang lebih relevan ke calon pelanggan, kelompokkan kata kunci dan iklan kamu ke dalam grup iklan berdasarkan produk, layanan, atau kategori lainnya. Jika beberapa kata kunci cocok dengan istilah penelusuran yang ditentukan, Google memilih kata kunci untuk ditayangkan berdasarkan peringkat yang diuraikan dalam artikel Tentang kata kunci yang serupa dalam grup iklan yang sama. Memiliki kata kunci yang sama di berbagai jenis pencocokan tidak akan menaikkan biaya kamu atau merugikan performa.

Jika menambahkan semua kata kunci dan iklan ke satu grup iklan, pelanggan yang menelusuri “sepatu pesta wanita” dapat melihat iklan kamu tentang “sepatu tenis pria”.

Contoh

Jika memiliki toko sepatu, kamu dapat membuat 2 grup iklan: 1 untuk sepatu lari dan 1 untuk sepatu pesta. Grup iklan kamu untuk sepatu lari dapat menyertakan iklan dengan kata kunci seperti “sepatu lari” dan “sepatu kets”. Grup iklan kamu untuk sepatu pesta dapat menyertakan kata kunci seperti “sepatu pesta” dan “sepatu formal”.

Dengan begitu, calon pelanggan dapat melihat iklan kamu tentang sepatu pesta ketika menelusuri “sepatu pesta”, bukan ketika mereka menelusuri “sepatu lari”.

Catatan: Kamu tidak harus menambahkan setiap varian dari setiap kata kunci, karena semua jenis pencocokan dapat menangkap traffic dari variasi kata kunci yang terkait erat.