Inilah Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan Prodi Terbanyak

Sejak kali pertama persyarikatan ini didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan, Muhammadiyah menaruh perhatian pada bidang Pendidikan umat.

0
47
Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah

Yogyakarta – Kiprah Persyarikatan Muhammadiyah di bidang pendidikan memang tidak perlu diragukan. Sejak kali pertama persyarikatan ini didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan, Muhammadiyah menaruh perhatian pada bidang Pendidikan umat. Hingga kini, Persyarikatan telah memiliki kurang lebih 165 perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM). Beberapa di antaranya tercatat memiliki program studi terbanyak dari yang lain.

Banyaknya program studi (prodi) menjadi salah satu bentuk keragaman disiplin ilmu yang didalami oleh kader-kader persyarikatan. Prodi yang ada terbagi dalam jenjang D1, D3, D4, Profesi, S1 Spesialis, S1, S2, hingga S3.

Berdasarkan data Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah berikut daftar perguruan tinggi Muhammadiyah dengan prodi terbanyak:

Universitas Muhammadiyah Surakarta (77 Prodi)

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah. UMS berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0330/O/1981 tanggal 24 Oktober 1981 sebagai perubahan bentuk dari IKIP Muhammadiyah Surakarta dan menjadi PTM dengan prodi terbanyak di Indonesia.

Hingga Desember 2020, UMS tercatat memiliki 77 prodi yang terbagi dalam beberapa fakultas dan jenjang Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Malang (70 Prodi)

Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) belum lama ini menduduki peringkat satu perguruan tinggi Islam terbaik di dunia versi Unirank. Tak hanya itu, kampus kebanggaan Malang ini juga merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dengan prodi terbanyak.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (57 Prodi)

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) merupakan alih bentuk dari IKIP Muhammadiyah Purwokerto, yang sudah berdiri pada tanggal 5 April 1965. Dengan dasar SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 345/DIKTI/Kep/1995 tanggal 26 Juli 1995, IKIP Muhammadiyah Purwokerto berubah menjadi UMP.

Hingga Desember 2020, UMP tercatat memiliki 57 prodi yang terbagi dalam beberapa fakultas dan jenjang pendidikan.

Universitas Muhammadiyah Jakarta (55 Prodi)

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) merupakan salah satu PTM tertua dan terbesar di Indonesia. Berlokasi di Tangerang Selatan, UMJ kini memiliki program studi yang cukup banyak.

Hingga Desember 2020, UMJ tercatat memiliki 55 prodi yang terbagi dalam beberapa fakultas dan jenjang pendidikan.

Universitas Muhammadiyah Makassar (54 Prodi)

Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar (UM Makassar) merupakan salah satu PTM terbesar di wilayah timur Indonesia. Hingga kini UM Makassar terus berkembang di berbagai aspek, salah satunya program studi.

Hingga Desember 2020, UM Makassar tercatat memiliki 54 program studi yang terbagi dalam beberapa fakultas dan jenjang pendidikan.