Tambah Armada, AirAsia X Pesan 100 Pesawat A330neo

0
340

Berempat.com – Pada ajang Farnborough International Airshow (FIA) yang berlangsung di Inggris, 16-22 Juli 2018, AirAsia X kembali memesan 34 pesawat lorong ganda A330neo. Pengumuman pembelian armada baru tersebut disampaikan oleh AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Group Chief Executive Officer Kamarudin Meranun; Chairman of AirAsia X Tan Sri Rafidah Aziz; dan Airbus Chief Commercial Officer Eric Schulz.

Dengan penambahan pesanan pesawat tersebut, maka total AirAsia X membeli 100 unit pesawat A330neo. Pada keterangan pers yang diterima Berempat.com, Kamis (20/7), seluruh pesawat yang dipesan merupakan model besar, yakni A330-900.

Tan Sri Tony Fernandes mengungkapkan, penambahan pesanan 34 pesawat tersebut merupakan hasil evaluasi perusahaan terhadap industri penerbangan.

“Kami telah melihat setiap sisi A330neo, mulai dari kinerja teknis dan keandalan hingga kenyamanan penumpang. Dan jelas inilah pesawat yang tepat untuk mendukung kami memperluas jaringan penerbangan jarak jauh secara efisien,” ungkap Tony.

Jenis pesawat tersebut mengklaim mampu melakukan penerbangan non-stop ke Eropa, termasuk rute Kuala Lumpur-London. Selain itu, dengan pesawat ini AirAsia dapat menekan harga operasional yang lebih rendah untuk penerbangan jarak jauhnya.

“Penerbangan jarak jauh berbiaya rendah adalah sesuatu yang sangat kami percayai, dan pemesanan ini mencerminkan keyakinan kami pada model bisnis AirAsia X,” ungkap Kamarudin.

Dalam rencana, pengiriman perdana pesawat tersebut akan dilakukan pada kuartal 4-2019. Dengan demikian, AirAsia akan menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan A330neo di Asia. Adapun pesawat baru ini akan dioperasikan oleh AirAsia X Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Sebagai informasi, A330neo merupakan versi terbaru dari jenis A330 yang berlorong ganda. Pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 7.000 generasi baru, sayap baru yang telah disempurnakan, dan penggunaan material komposit yang lebih banyak.

Semua pembaruan itu pun menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat hingga 25% jika dibandingkan dengan pesawat dari generasi sebelumnya yang memiliki ukuran kurang lebih sama.

Saat ini pesawat A330neo hampir menyelesaikan rangkaian uji penerbangan dengan proses sertifikasi diperkirakan selesai dalam beberapa minggu mendatang. Kemudian, pesawat ini akan mulai terbang bersama maskapai di bulan September.

Sementara itu, atas pemesanan pesawat dari AirAsia X tersebut, Eric Schulz mengatakan pihaknya sangat senang mengumumkan kesepakatan penting dengan AirAsia X ini.

“Kesepakatan ini merupakan pengakuan terkuat atas kinerja, kehematan, serta ekonomi pengoperasian dari A330neo yang yang tidak terkalahkan di kelasnya,” ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.