Mukesh Ambani Geser Jack Ma sebagai Orang Terkaya se-Asia

0
438
Mukesh Ambani geser Jack Ma sebagai orang terkaya se-Asia. (btvi.in)

Berempat.com – Status orang terkaya se-Asia saat ini tak lagi dipegang oleh Jack Ma. Pemilik Alibaba Group Holding tersebut harus rela tergeser oleh pengusaha asal India, Mukesh Ambani.

Menukil dari Bloomberg, Jumat (20/7) Mukesh Ambani adalah pemilik usaha dari Reliance Industries Ltd. Diketahui, harga saham Reliance Industries naik 1,6% ke rekor tertinggi sebesar 1.099,8 rupee per saham. Dengan demikian, harta Ambani pun melonjak mencapai US$ 44,3 miliar.

Sementara itu, seiring dengan penutupan perdagangan saham, kekayaan Jack Ma tercatat US$ 44 miliar. Berselisih sekitar US$ 300 juta dengan Mukesh.

Sebagai informasi, Reliance Industries Ltd adalah konglomerasi bisnis yang bergerak di bidang penyulingan minyak, petrokimia, ritel hingga bisnis telekomunikasi India. Semula, Reliance hanyalah produsen kesil yang didirikan oleh sang ayah pada 1996. Namun, selepas ayahnya wafat pada 2002, Ambani mulai membangun bisnis telekomunikasi di India.

Tahun 2016, Reliance memicu perang harga di pasar telekomunikasi hiper-kompetitif India dengan peluncuran layanan telepon 4G Jio. Jio telah mencatatkan jumlah pelanggan sebanyak 160 juta dengan menawarkan panggilan telepon domestik gratis, layanan data yang murah, dan ponsel pintar gratis.

Perusahaan tersebut tergabung dalam Fortune 500 dan menjadi yang paling mahal di antara perusahaan-perusahaan raksasa di India lainnya.

Sepanjang tahun ini, harta Ambani bertambah sebanyak US$ 4 miliar. Sementara, Jack Ma tak begitu beruntung tahun ini. Pasalnya, sejak awal tahun hingga saat ini kekayaannya tergerus sebanyak US$ 1,4 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.