Selain Resmi Caplok 51% Saham Freeport, Ini 3 Kesepakatan Lain yang Diteken

0
258

Berempat.com – Pemerintah Indonesia telah resmi menandatangani nota pendahuluan (head of agreement/HoA) perjanjian dengan Freeport-McMoran. Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan CEO Freeport Richard C. Adkerson, di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta pada Kamis (12/7).

Dalam HoA tersebut, terdapat 4 kesepakatan yang diteken, yakni perpanjangan operasi 2×10 Freeport tahun hingga 2041, pembangunan smelter, stabilitas finansial, dan divestasi saham 51%.

Untuk poin terakhir cukup menjadi perhatian publik. Dan agar bisa memiliki 51% saham, pemerintah melalui PT Inalum harus membayar 40% saham partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia.

Menurut Rini Soemarno, Inalum juga membeli seluruh saham PT Indocopper Investama, anak usaha Freeport-McMoRan Inc. dengan nilai US$ 350 juta. Dengan pembelian hak partisipasi Rio Tinto, maka dapat mengurangi dampak langsung terhadap Freeport-McMoRan sebagai induk usaha Freeport Indonesia yang saat ini menguasai 91,64% saham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.