DBS Raih 2 Penghargaan dari Euromoney

0
469
Bank DBS. (pasardana.id)

Berempat.com – Bank DBS menerima pengakuan global sebagai ‘World’s Best Digital Bank’ dan ‘World’s Best SME Bank’ oleh Euromoney. Dengan ini, Bank DBS menjadi Bank Asia dan Singapura pertama yang memenangkan dua penghargaan kategori global dalam penghargaan bergengsi Euromoney Awards for Excellence 2018.

Untuk penghargaan ‘World’s Best Digital Bank’ yang diperebutkan, DBS mengalahkan kompetitor dunia kelas atas seperti Bank of America dan HSBC. Ini adalah kali kedua kepemimpinan DBS di perbankan digital yang diakui oleh Euromoney sebagai yang terbaik secara global, yang pertama di tahun 2016.

“DBS telah menunjukkan kekuatan untuk mengartikulasikan tentang perbankan digital, dan bank ini telah lama menjalankan budaya kewirausahaan dan berbasis teknologi yang melingkupi setiap lini bisnis dan setiap level,” tulis Euromoney dalam sebuah keterangan, Kamis (12/7).

Untuk mengukur efektivitas dan kemantapan dalam upaya transformasi digitalnya, DBS dipercaya sebagai bank pertama di dunia yang mengembangkan metodologi untuk mengukur nilai finansial yang diciptakan oleh digitalisasi.

Melalui metodologi pengambilan nilai digital, DBS mampu menyusun rencana bisnis yang efektif untuk mendorong perilaku digital di antara pelanggan, sehingga lebih mudah bagi pelanggan untuk terlibat dengan bank daring.

Sebagai bukti dari strategi transformasi digitalnya, DBS meningkatkan rasio biaya pendapatan dari 45,4% pada 2015 menjadi 43% pada 2017. Pendapatan juga meningkat sebesar 10,4% dalam periode yang sama. Sementara itu, proporsi pelanggan dalam Consumer and SME Banking di Singapura dan Hong Kong yang digital naik 9% sejak 2015 menjadi 42% saat ini.

Kemenangan ‘World’s Best SME Bank’ membuktikan upaya bank dalam mendukung UKM di Asia melalui konektivitas regional dan inovasi digital. Euromoney pun menilai sangat jarang menemukan bank yang menawarkan layanan komprehensif untuk UKM lintas batas.

“DBS memanfaatkan keunggulan digital untuk memberikan kenyamanan, kecepatan dan solusi komprehensif bagi usaha kecil dan menengah. Ini ditempatkan dengan baik untuk membantu pertumbuhan bisnis dari India ke Greater Bay Area, dan hal itu dilakukan tanpa mengorbankan kualitas aset,” tulis Euromoney.

Sementara itu, CEO DBS Piyush Gupta mengungkapkan, sejak berdiri 50 tahun lalu, DBS selalu memiliki sejarah sebagai pelopor dan berinovasi. Lima tahun yang lalu saja, ia mengaku DBS telah membayangkan bahwa masa depan akan ditandai dengan percepatan perubahan.

“Sejak saat itu, kami secara proaktif mendisrupsi diri kami sendiri dengan tujuan tunggal: untuk menjadikan perbankan lebih sederhana, lebih cepat, dan lebih baik bagi pelanggan kami. Dalam tahun-tahun penting ini, kami merasa terhormat bahwa kepemimpinan digital DBS diakui memimpin jalan bukan hanya di Asia tetapi juga dunia,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.