14 Ribu Tiket Mudik Gratis Bakal Dibagikan Pelindo III

0
321

Berempat.com – Memasuki bulan Ramadan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III rupanya telah mempersiapkan 14 ribu tiket untuk diberikan secara cuma-Cuma kepada calon pemudik Lebaran 2018.

“Tahun lalu antusiasme pemudik kapal laut cukup tinggi dalam memanfaatkan program mudik gratis yang kami sediakan. Okupansinya bahkan mendekati 100 persen,” ujar CEO Pelindo III Ari Askhara seperti dikutip dari Antara di Surabaya, Minggu (20/5).

Pemberian tiket mudik gratis di tahun ini oleh Pelindo III terbilang lebih banyak dibandung tahun lalu yang hanya 6.000 tiket. Berbekal evaluasi di tahun lalu, Pelindo III pun menaikkan target jumlah peserta mudik gratis dengan menggandeng BUMN lainnya, seperti PT Pelni dan Perum Damri.

“Kami berharap, masyarakat Indonesia dapat melihat dan merasakan kehadiran BUMN yang senantiasa bersinergi untuk memberikan yang terbaik bagi negeri,” sambungnya.

Adapun 14 ribu tiket mudik gratis akan dialokasikan kepada 1.700 pemudik pengguna kapal laut yang berangkat melalui Pelabuhan Kumai atau Pelabuhan Sampit dan dengan tujuan Semarang maupun Surabaya.

Sementara 12.300 lainnya akan diberikan kepada penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak maupun Pelabuhan Tanjung Emas, dan akan meneruskan perjalanan menggunakan bus ke sejumlah kota di Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

Terkait armada bus yang dipersiapkan Pelindo III, Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan 260 trip mudik gratis. 150 trip di antaranya diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak dan 110 trip dari Pelabuhan Tanjung Emas.

Faruq mengatakan, Pelindo III bersama Perum Damri mengerahkan 15 armada bus di Pelabuhan Tanjung Perak dan 10 armada bus di Pelabuhan Tanjung Emas. Nantinya, dari Pelabuhan Tanjung Perak ke-15 bus tersebut akan berangkat ke lima kota tujuan akhir, yaitu: Jember, Madiun, Trenggalek, Cepu, dan Blitar.

Sementara untuk 10 bus dari Pelabuhan Tanjung Emas akan bertolak menuju 7 kota tujuan akhir, yaitu: Yogyakarta, Rembang, Wonosobo, Purworejo, Solo, Purwodadi, dan Tegal.

“Hingga hari Kamis 17 Mei 2018, Pelindo III telah menerima 1.540 pendaftar mudik gratis menggunakan kapal laut. Untuk peserta mudik gratis menggunakan bus, Pelindo III telah menjaring sebanyak 1.514 pemudik. Artinya, kuota penumpang bus masih tersedia cukup banyak,” terang Faruq.

Pemberian tiket gratis ini, menurut Ari, merupakan representasi kepedulian negara dalam memberikan rasa nyaman dan kemudahan dalam pelaksanaan mudik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.