Penerapan Smart Logistic Wujudkan Perdagangan Lebih Efisien

0
368
(Dok: kemenperin.go.id(
Pojok Bisnis

Jakarta – Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan Kasan menegaskan, Kementerian Perdagangan mendukung penerapan Logistic 4.0 (smart logistic) guna mewujudkan perdagangan dalam negeri yang efisien.

Logistic 4.0 merupakan pengembangan sistem logistik nasional yang mengacu pada visi logistik Indonesia 2025, yaitu “locally integrated, globally connected.” Penerapan ini bertujuan memperbaiki sistem distribusi domestik setiap simpul ekonomi di seluruh daerah agar dapat terhubung dan terintegrasi.

Hal ini ditegaskan Kasan saat membuka Gambir Trade Talk 2021 ke-4 dengan tema “Logistic 4.0 (Smart Logistic) dalam Mendukung Kinerja Perdagangan yang Efisien: Di Mana Posisi Kita?”. Acara ini diselenggarakan secara hibrida, Rabu (24/11).

“Penerapan Logistic 4.0 perlu diupayakan untuk meperbaiki sistem distribusi domestik. Sebab, sebagai negara kepulauan, Indonesia memerlukan peran logistik untuk mewujudkan perdagangan dalam negeri yang efisien,” kata Kasan.

Top Mortar gak takut hujan reels

Kasan mengatakan, ada dua isu penting terkait isu logistik yang perlu diperhatikan. Pertama, isu logistik konvensional, seperti kelangkaan tenaga kerja, tren high-mix dan low-volume production pada sektor manufaktur, dan pemenuhan kebutuhan konsumen yang semakin spesifik.

Kedua, pandemi Covid-19 yang berdampak pada tatanan penawaran dan permintaan perdagangan global. “Disrupsi pada aktivitas ekonomi tersebut semakin memunculkan Smartkonsep Logistic 4.0 untuk memodernisasi cara kerja logistik yang berbasis teknologi logistic akan memainkan peran penting dalam merampingkan proses perdagangan antara penjual, perusahaan logsitik, dan konsumen akhir,” tutur Kasan.

Kasan mengungkapkan, fenomena disruptif ekonomi memberikan tantangan bagi perkembangan smart logistic di Indonesia ke depan. Hal tersebut perlu disikapi dengan strategi kolaboratif dan kebijakan yang adaptif oleh setiap pemangku kepentingan yang berorientasi pada perbaikan kinerja logistik Indonesia.

“Kementerian Perdagangan juga terus melakukan inovasi kebijakan dan program dalam mendukung perkembangan smart logistic, seperti digitalisasi pasar rakyat dan mendorong kerjasama swasta untuk pasar ekspor,” jelas Kasan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan