Inilah Jenis Ikan Cupang Paling Populer

Beberapa pedagang menyebut, penjualan ikan cupang kembali marak sejak pandemik Covid-19 merebak.

0
56
Suasana toko penjual ikan cupang (Dok: Okezone.com)

Ikan betta atau yang popular disebut ikan cupang kini naik daun kembali. Ikan jenis air tawar ini mulai banyak dipelihara dan dibudidaya orang sejak beberapa waktu belakangan.

Beberapa pedagang menyebut, penjualan ikan cupang kembali marak sejak pandemik Covid-19 merebak. Umumnya orang membeli dan memelihara ikan cupang untuk menghilangkan rasa bosan akibat terlalu lama beraktivitas di rumah.

Dari sekian banyak jenis ikan cupang, berikut 7 jenis ikan cupang paling popular:

Ikan Cupang Halfmoon

 

Ikan Cupang Halfmoon (Dok: CNBCIndonesia.com)

Menurut sejarahnya ikan ini ditemukan oleh peternak asal Amerika Serikat pada 1982. Halfmoon memiliki bukaan ekor lebar mendekati 180 derajat. Cupang yang mulai terkenal pada tahun 2000 ini dibanderol Rp 500.000 untuk kualitas kontes, sementara anakannya sekitar Rp 40.000.

Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang double tail (Dok: CNBCIndonesia.com)

Ikan ini memiliki ekor ganda yang membelah di bagian tengah sirip ekor (caudal). Hal ini disebabkan mutasi genetik, sehingga ikan ini memiliki sirip ekor atau dua cuping sirip ekor yang berbeda. Oleh karena itu, ikan cupang ini dinamakan cupang ekor cagak karena tampak bercabang dua.

Ikan Cupang Crown Tail

Ikan Cupang Crown Tail (Dok: CNBCIndonesia.com)

Atau yang juga disebut cupang serit. Ini adalah jenis cupang pertama yang dibudidayakan di Indonesia. Bentuk siripnya seperti jarum yang membentuk serit atau sisir rambut. Sampai saat ini Indonesia dikenal sebagai penghasil cupang jenis ini. Sejarahnya, cupang ini dikembangkan oleh Ahmad Yusuf, peternak asal Jakarta Timur pada 1997. Dia menyilangkan cupang lokal dengan indukan impor Thailand berwarna biru dan memiliki ekor delta dan bergerigi.

Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat (Dok: CNBCINdonesia.com)

Cupang Plakat merupakan cupang ekor pendek yang dalam bahasa Thailand artinya aduan. Plakat artinya cupang aduan atau cupang laga. Berbeda dengan cupang hias, Plakat biasanya lebih handal untuk melawan dan lebih jago bertarung sesama jenis. Cupang ini memiliki warna dan betuk sirip yang keras.

Ikan Cupang Fancy

Ikan Cupang Fancy (Dok: CNBCIndonesia.com)

Terkenal karena warnanya yang fancy dan beragam. Kebanyakan cupang ini memiliki kombinasi lima sampai tujuh warna pada tubuh mungilnya. Kebanyakan perpaduan warna yang dimiliki adalah biru metalik, hijau, putih, pink, merah, dan peach. Soal harga, anakan ikan cupang fancy dibanderol Rp 200.000-Rp 300.000 per ekor. Sedangkan untuk kelas kontes fancy dijual harga Rp 2 juta-Rp 20 juta.

Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan Cupang Kachen Warochai (Dok: CNBCIndonesia.com)

Ikan ini berasal dari Thailand dan dianggap sebagai khas Thailand, karena kebanyakan cupang iini memiliki perpaduan warna biru, putih, dan merah yang menyerupai bendera Negara Gajah Putih itu.

Ikan Cupang Paradise

Ikan Cupang Paradise (Dok: CNBCIndonesia.com)

Cupang ini banyak ditemukan di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Memiliki nama latin Macropodus Opercularis memiliki ciri khas ekornya yang bercabang.