Lebih Cerdas Berbelanja ala Mastercard

0
315
Ilustrasi. (pexels.com/@olly)

Berempat.com – Menyambut Hari Raya Idul Fitri menjadi momen menyenangkan. Selayaknya akan merayakan hari kemenangan, umat Islam di Indonesia tak ingin setengah-setengah dalam menyambutnya. Segala persiapan secara maksimal pun dilakukan, termasuk budaya berbelanja pakaian Lebaran.

Menariknya, berbagai promo dan penawaran diskon langsung tersaji di hari-hari menjelang Lebaran. Tak ayal, semua itu membuat Anda tergiur untuk berbelanja. Tapi, bila tak pintar dalam berbelanja justru Anda hanya akan menemukan pemborosan.

Karena itu, agar Anda lebih cerdas dalam berbelanja, simak beberapa tips dari Mastercard berikut.

  1. Tentukan anggaran, barang dan toko tujuan sebelum Anda pergi berbelanja

Selain lebih mudah dan efektif, hal ini akan sangat berguna untuk membantu Anda tetap pada rencana awal. Lihatlah catatan transaksi Anda sebelumnya dan buat rencana belanja dengan baik.

  1. Proaktif

Diskon dan penawaran menarik selalu ada. Oleh karena itu, lakukan riset secara daring untuk menemukan diskon dan penawaran terbaik saat ini maupun yang akan datang, kemudian susun jadwal belanja Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk produk yang ingin Anda dapatkan.

Selain itu, toko daring sering memberikan diskon dan penawaran menarik lebih awal daripada toko offline, sehingga Anda dapat membeli barang dengan harga lebih murah tanpa harus keluar rumah.

Namun, sebelum berbelanja daring pastikan Anda menggunakan jaringan koneksi internet yang aman. Temukan ikon berbentuk gembok yang terletak di sebelah kanan alamat situs web pada browser Anda. Ikon ini melambangkan bahwa browser Anda aman.

  1. Jaga keamanan kartu Anda

Apabila Anda menemukan penawaran menarik saat berada di luar rumah atau dalam perjalanan, pastikan Anda terhubung dengan jaringan wi-fi pribadi ketika melakukan pembayaran, baik melalui ponsel ataupun laptop. Hal ini dapat membantu memastikan detail kartu Anda tetap aman dan terjaga.

  1. Tetap waspada setiap saat

Pembeli yang cerdas tidak hanya tahu bagaimana cara meminimalisir penipuan, tetapi juga mengetahui bagaimana cara menanggulangi hal tersebut jika terjadi. Perhatikan saran atau informasi keamanan terbaru dan pastikan kontak bank Anda selalu dalam genggaman. Sehingga Anda dapat langsung menghubungi bank tersebut jika menghadapi sebuah masalah. Dengan demikian, Anda dapat berbelanja dengan aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.