Strategi Bisnis Kerajinan Perlengkapan Rumah

0
517
Pojok Bisnis

Ditilik dari segi produk, tentu produk Anda memiliki kelebihan karena merupakan produk sulam tangan (hand made) sehingga bisa disesuaikan dengan selera atau keinginan tiap konsumen yang memesannya. Namun karena produk hiasan sulam pita seperti tutup gallon, kulkas, sarung bantal, sudah banyak beredar di pasaran maka mau tidak mau Anda harus membuat keunikan atau pembeda dari produk Anda.

Sebagai contoh dari segi penyesuaian pesanan atau model. Tawarkan bahwa produk sulam Anda bisa disesuaikan benar-benar sesuai dengan keinginan konsumen. Konsumen bisa menentukan warna, model, tulisan, atau bentuk sulaman yang lain sesuai dengan seleranya. Istilahnya customization.

Nah kalau Anda sudah memiliki pembeda atau nilai lebih ini, sekarang kita bahas pasar mana yang bisa dimasuki. Pertama, secara konvensional Anda bisa titipkan hasil sulaman ini ke hypermarket atau toko tertentu di pusat pembelanjaan. Sekarang ini banyak hypermarket yang menyediakan ruang (space) untuk diberikan ke UKM  (usaha kecil menengah) sebagai bagian dari program CSR mereka.

Anda bisa titipkan barang Anda dengan sistem konsiyasi. Artinya kalau laku pihak ritel baru membayar ke Anda, namun kalau belum laku Anda juga tidak perlu membayar sewa.

Top Mortar gak takut hujan reels

Kedua, produk sulaman ini memiliki potensi pasar untuk ditawarkan ke hotel, rumah makan, atau café. Anda bisa tawarkan untuk hotel atau café dengan desain yang disertai sulaman logo atau merek hotel/café. Sebagai contoh untuk sarung bantal, Anda tawarkan ke pihak hotel kalau Anda mampu membuatkan sarung bantal sofa dengan desain dan pemuatan logo hotel mereka.

Pihak hotel akan tertarik karena akan menguatkan merek atau logonya di tamu yang menginap. Anda bisa tawarkan pernik-pernik yang diinginkan pihak hotel dengan penyesuai desain atau logo mereka. Jadi di alternatif kedua ini, buatlah penawaran ke pihak hotel, perusahaan, atau café untuk menawarkan produk Anda yang disesuaikan dengan logo atau tema mereka.

Cara ketiga adalah bekerja sama dengan pebisnis desain interior. Desain interior mengerjakan proyek-proyek menyangkut pendesainan ruangan rumah, apartemen, atau perkantoran. Para pebisnis desain interior ini akan mendesain sesuai dengan tema atau kestandardan ruangan. Jadi mereka sangat membutuhkan barang-barang yang senada dengan ruangan. Ini membuka peluang bagi penawaran produk Anda.

Anda bisa tawarkan kerjasama untuk memasok keperluan desain interior dalam hal cover bantal, sofa, dan sejenisnya. Juga, Anda dapat mengajak kerjasama dengan pengelola acara atau event organizer. Pengelola EO ini seringkali mendapat order dan perlu menyesuaikan produknya dengan acara. Sebagai contoh EO pernikahan, seringkali membutuhkan pemasok suvernir. Hasil sulaman Anda bisa ditawarkan sebagai suvernir pernikahan misalnya tempat tisu dengan initial nama pasangan mempelai. Atau misalnya EO promosi perusahaan membutuhkan cendera mata sebagai promosi. Anda bisa tawarkan sesuai keinginan EO dan acaranya. Jadi lakukan jejaring kerjasama sebanyak mungkin.

Pilihan keempat adalah menawarkan ke pasar ekspor atau luar negeri. Sejatinya, orang di luar negeri sangat menghargai produk-produk yang dibuat dengan tangan (handmade). Lalu bagaimana caranya supaya produk kita sampai dikenal di luar negeri? Manfaatkan internet. Anda bisa membuat website sendiri atau memakai website yang menyediakan ruangan gratis seperti blogspot atau sejenisnya.

Juga Anda bisa pajang di akun Facebook, Youtube atau Twitter Anda atau online shop. Manfaatkan sebanyak mungkin website untuk menampilkan produk Anda. Jangan segan mengunjungi forum-forum internet yang membahas tentang kerajinan dan Anda mengirimkan komentar atau gambar Anda sembari numpang iklan gratis. Lakukan iklan gratis di internet sebanyak mungkin.

 

oleh: Istijanto Oei,

Pelatih dan Konsultan Bisnis Prasetiya Mulya,

Penulis Buku: ”Jurus-jurus Sakti Wirausaha”

dan ”Rahasia Sukses Toko Tionghoa”

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.