Tonjolkan Kemiripan Obyek hingga 95 %

0
158
Karikatur (dok fotokuunik.com)

Era digital saat ini kerap dijumpai layanan baru yang memiliki nilai lebih daripada sebelumnya. Salah satunya adalah layanan pembuatan karikatur. Dulu sebuah karikatur hanya bisa dibuat secara manual, yakni melukis atau menggambar di atas kertas atau kanvas. Namun saat ini, dengan berkembangnya teknologi hadir karikatur digital yang dibuat dengan menggunakan berbagai software pengolahan foto.

Dengan menonjolkan kemiripan objek hingga mencapai 95%, serta penampilan yang warnanya eye chatching, membuat produk karikatur digital ini semakin banyak penikmatnya. Konsumen produk ini kebanyakan berasal dari kalangan perusahaan atau instansi.

Promosi penjualan yang paling efektif adalah menembus semua jaringan yang ada, baik secara online ataupun secara offline. Tidak hanya itu, kekuatan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Blackberry Messager, saat ini cukup memberikan pengaruh yang sangat besar dalam mempromosikan bisnis ini. Sedangkan untuk offline, bisa memanfaatkan fasilitas media, seperti media cetak atau elektronik sebagai alat promosi.

Namun, yang terbilang sangat efektif dalam memperkenalkan dan memasarkan produk karikatur digital ini melalu testimonial dari mulut ke mulut. Hal ini dikarenakan banyak konsumen yang lebih percaya rekomendasi dari kerabat dan temannya. Terlebih produk karikatur digital ini merupakan produk seni yang pastinya selalu ingin dinikmati dalam hal art dan keindahannya.

Prospek usaha ini cukup bagus ke depan, namun tergantung kinerja pelaku usaha. Bagaimana pelaku usaha tersebut mengasah kreativitas sehingga karya-karyanya tidak monoton, dan didukung dengan teknik pemasaran. Karena kedua-duanya merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan jika ingin sukses dalam usaha jasa pembuatan karikatur digital ini.

 

 

Oleh: Achsan Permas

Pengamat Marketing dari PPM Manajemen

Jalan Menteng Raya 9, Jakarta Pusat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.