Usaha Produksi Kaus Motivasi

0
138
Kaus Motivas (dok kaosmuslimdhuhaclothing.wordpress.com)

 

Dunia fesyen memang selalu menciptakan hal-hal baru, yang kerap menjadi trend setter. Terlebih jika produk fesyen tersebut memiliki keunikan yang menjadi daya tarik konsumen. Seperti keberadaan kaus motivasi, yang saat ini sering terlihat dipakai remaja ataupun orang dewasa.

Dari segi bentuk, kaus motivasi sendiri sama seperti produk kaus lainnya. Yang terlihat berbeda dari kaus pada umumnya, ada dalam desain kaus yang berbentuk tulisan motivasi. Untuk tulisan-tulisan yang bersifat motivasi, bisa didapatkan dari kutipan para motivator yang biasa ditemukan di internet. Tetapi, untuk memberikan kesan eksklusif, Anda bisa menciptakan kata-kata motivasi sendiri yang berebeda dengan lainnya.

Perhatikan Keunggulan Produk. Kaus merupakan produk yang sangat banyak ditemukan di pasaran. Maka dari itu untuk Anda yang ingin memulai bisnis penjualan kaus, ada baiknya menonjolkan keistimewaan produk yang tidak ditemukan dalam produk lain.

Hal pertama yang bisa menjadi daya tarik konsumen terdapat pada desain dalam kaus. Biasanya konsumen lebih tertarik pada desain yang eksklusif dan eye chatcing, misalnya dalam bentuk desain huruf hingga gambar-gambar penunjang dalam desain tersebut. Sedangkan untuk kalimat motivasinya, selain mengutip kata-kata dari motivator ataupun para public figure yang mampu memotivasi seseorang, Anda pun bisa membuat kata-kata motivasi sendiri, dengan membaca buku atau dunia maya. Untuk lebih eksklusif lagi, Anda bisa menerima pesanan dengan kalimat motivasi yang dibuat oleh konsumen itu sendiri, dan pastinya desain tersebut hanya dimiliki konsumen pemesannya saja.

Kunci utama untuk mendapatkan desain yang unik dan diminati konsumen, adalah dengan seringnya membaca kondisi pasaran. Di sini Anda pun bisa melakukan survai pasar mengenai produk-produk dengan desain terbaru ataupun desain lama yang tidak diminati konsumen. Ini akan membuat Anda meminimalisir kesalahan dalam produksi desain. Selain itu Anda juga bisa meng-update desain atau kalimat motivasi yang sedang tenar di luar negeri, dan dimungkinkan bakal menjadi trend setter di Indonesia.

Tidak hanya itu, untuk mengantisipasi kebosanan konsumen, ada baiknya Anda tidak membuat banyak produk untuk satu desain. Dan juga, secara periodik, Anda sebaiknya menciptakan produk baru dengan desain dan kalimat motivasi yang mampu menarik perhatian konsumen.

Hal lain yang perlu diperhatikan selain desain adalah kualitas produk. Meskipun desain yang ditampilkan cukup mencuri perhatian konsumen, namun bila tidak ditunjang dengan kualitas produk, sudah pasti tidak akan dilirik konsumen. Oleh sebab itu, Anda yang ingin memproduksi kaus motivasi ini, sebaiknya menggunakan bahan baku yang berkualitas, mulai dari bahan kaus hingga cat sablon.

Untuk bahan kaus, Anda bisa menggunakan kaus standar distro, yakni cotton combat 30’s. Jenis kain katun ini memiliki warna yang cukup cerah dan bagus, serta bersifat adem bila digunakan, serta mampu menyerap keringat dengan baik. Jadi, bila digunakan akan membuat nyaman pemakainya. Cotton combat ini memiliki banyak ukuran, mulai dari S, M, L, XL, hingga XXL, selain itu juga memiliki ragam warna sehingga memperbanyak pilihan Anda.

Sedangkan untuk bahan penyablonan, juga perlu menggunakan bahan berkualitas, seperti penggunaan tinta warna merek AP, cat warna merek Water Mol, serta obat afdruk merek Super Sol. Pemilihan bahan baku berkualitas ini mampu meminimalisir kegagalan dalam memproduksi ataupun kualitas akhir pada kaus hasil penyablonan. Biasanya bila menggunakan bahan baku kurang baik, akan membuat hasil sablonan mejadi pecah ataupun warna yang kurang cerah.

Pembelian semua bahan baku kaus motivasi, bisa Anda dapatkan di pasar grosir Jatinegara Toko Legend Lantai I, Blok BKS, No. 203-205, Jakarta Timur dan di Pasar Tanah Abang Toko New Asia Blok F Lantai III Los BKS No 60-61, Jakarta Pusat. Atau bisa Anda beli di toko grosiran kaus dan toko bahan kimia terdekat di tempat Anda.

Mengenai harga jual, Anda bisa menyetarakan dengan harga jual distro, bekisar Rp 80 ribu–Rp 90 ribu. Sedangkan bila desain kalimat motivasi merupakan customized mungkin bisa Anda kenakan biaya tambahan.

Proses Pembuatan. Dalam membuat kaus dengan berbagai desain, Anda bisa menggunakan teknik sablon. Penggunaan sablon pada kaus pun terdapat dua jenis, yakni sablon digital printing dan sablon manual. Namun bagi pemula yang tidak memiliki basic penggunaan sablon, teknik digital printing termasuk mudah diterapkan. Dan untuk kedua teknik ini, Anda membutuhkan komputer untuk setting gambar atau desain.

Untuk digital printing, Anda membutuhkan peralatan mesin press panas, inkjet paper, tinta sublime. Cara kerjanya cukup mudah, setelah mendapatkan desain yang diinginkan, kemudian dicetak terbalik (mirroring). Kemudian dicetak ke inkjet paper. Letakkan hasil cetakan ke atas kaos, lalu press dengan mesin press antara 30 – 60 detik, barulah inkjet paper dilepas. Hasil kaus dengan desain kalimat motivasi pun sudah jadi.

Sedangkan bila Anda menggunakan teknik sablon manual, peralatan dan perlengkapan yang diperlukan adalah printer laser, meja afdruk, screen, alat penyemprot air, rakel, triplek, obat afdruk, lem kaus, pasta sablon, tinta pewarna, dan hairdryer. Cara memproduksinya, setelah desain dicetak, kemudian diletakkan di atas screen, yang kemudian diolesi dengan obat afdruk, ditunggu hingga kering. Setelah kering, lubangi screen sesuai gambar desainnya dengan cara disemprotkan dengan air.

Tahap selanjutnya, tata kaus di atas triplek yang bertujuan agar kaus tertata rapi dan rata. Barulah screen diletakkan di atas kaus, yang kemudian dituangkan pasta warna di atasnya. Pasta warna tersebut pun langsung diratakan dengan menggunakan rakel, sehingga pasta turun ke kaos melalui screen yang berlubang. Tunggu hingga kering, dan cara tersebut bisa diulangi jika dalam satu desain memiliki lebih dari satu warna. Setelah selesai untuk semua warna, keringkan sablon pada kaos tersebut dengan sinar matahari dan hairdryer.

Bila Anda belum punya modal membeli alat ataupun belum siap dalam pembuatan sablon ini, Anda bisa menggunakan jasa makloon dalam proses produksi kaus motivasi. Di sini, Anda hanya menyerahkan desain kaus, dan semua proses pembuatannya dilakukan oleh pihak makloon. Salah satu jasa makloon  beralamat di Jalan Polowijan No. 21, Kadipaten Kidul, Kadipaten, Kraton, Yogyakarta, No. telp 0274-9186786, dengan biaya jasa sebesar Rp 35 ribu–Rp 50 ribu per kaus.

Strategi Marketing. Sama halnya dengan produk fesyen lainnya, penjualan kaus motivasi ini bisa Anda promosikan melalui offline, melalui distro ataupun toko baju, ataupun online, dengan membuka website penjualan.

Tetapi promosi yang dilakukkan dari mulut ke mulut, merupakan strategi marketing yang paling efektif. Maka dari itu, Anda pun harus menonjolkan kualitas produk dan desain agar konsumen puas dengan produk Anda dan merekomendasikannya kepada orang lain. Selain itu, untuk memperluas jaringan pemasaran, Anda juga bisa membuka sistem keagenan, ke berbagai kota di Indonesia ataupun mengikuti berbagai pameran produk kreatif, karena di sanalah Anda akan menemui pembeli yang loyal.

Prospek dan Persaingan. Melihat keunikan yang ditonjolkan dari kaus motivasi ini, dengan ragam kalimat-kalimat penggugah, membuat produk fesyen ini akan semakin dicari masyarakat. Kaus ini pun mampu menyasar ke berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

 

oleh: Maksum Priangga,

Pemilik Motivasi Skin

Jl. Pengantin Ali Ciracas Jakarta timur

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.