Kemasan yang Menarik Dapat Meningkatkan Nilai Jual 

0
227
variasi kemasan coklat (dok blognyapebisnis.blogspot.com)

    

 Untuk memulai usaha kreasi cokelat, modal yang dibutuhkan tergantung pada skala usaha dan target pasar yang dituju. Usaha ini bisa dilakukan dalam skala rumahan menggunakan peralatan rumah tangga seperti kompor, panci dan paling ditambah cetakan-cetakan cokelat yang banyak di pasaran dan harganya juga terjangkau, serta lemari pendingin biasa.

Prospek usaha ini secara umum masih sangat bagus selain itu, pelaku usaha coklat yang besar dan murni hanya menjual coklat saja tidak begitu banyak ditemukan, kebanyakan masih menawarkan cake sebagai yang utama dan cokelat sebagai pelengkap saja.

Bagi para pengusaha cokelat, peta persaingan usaha cokelat dapat dibagi  menjadi dua yaitu direct dan indirect competitor. Produk coklat berskala besar seperti Silver Queen atau Cadburry dapat di golongkan menjadi indirect competitor yang hingga saat ini menguasai pasar karena dijual di mana-mana. Sedangkan yang dimaskud dengan direct competitor ialah pelaku usaha dengan skala yang sama.

Untuk terjun dalam usaha ini membutuhkan suatu ketrampilan khusus terutama untuk ketrampilan membuat cokelat. Untuk benar-benar menguasai keterampilan tersebut selain harus banyak belajar teori,  juga harus banyak melakukan praktek pembuatan coklat. Untuk menguasai semua pengetahuan dan ketrampilan dasar membuat cokelat cukup dilakukan dalam waktu 1-2 bulan. Tetapi setelah itu pelaku usaha ini harus terus menambah pengetahuan dan ketrampilan yang lebih agar mampu bersaing di pasar.

Mengingat harga cokelat yang berkualitas tidaklah murah, maka konsumen potensial untuk usaha ini, ialah para profesional muda yang sudah mapan secara ekonomi. Setelah itu baru golongan yang lebih  muda, ibu-Ibu muda dan para remaja. Saat ini, kebanyakan konsumen kelas menengah menyukai rasa manis caramel, harumnya wine, atau gurihnya kacang-kacangan.

Bahan baku cokelat yang digunakan juga tergantung target pasarnya. Jika pasarnya menegah keatas bisa menggunakan cokelat couverture, yang kualitas dan rasa cokelatnya paling baik, namun jenis cokelat ini mudah meleleh karena itu dari tempat produksi, penyimpanan, display, suhu ruangan harus terjaga terus dingin 24 jam, hal ini tentu membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Untuk pelaku usaha dalam skala kecil biasanya menggunakan coklat compound karena cokelat ini tidak terlalu mahal, dan tidak terlalu mudah meleleh.

Selain rasa dan bentuk kreasinya, kemasan juga menjadi faktor yang sangat penting untuk usaha kreasi cokelat. Dengan kemasan yang cantik, produk akan terlihat lebih menarik dan ekslusif, sehingga menaikkan nilai  jual produk.

Kendala yang sering dihadapi dalam usaha ini adalah suhu udara di Jakarta yang panas. Untuk mengatasi kendala tersebut, dapat diatasinya dengan pemasangan AC di ruangan tempat pembuatan cokelat dan untuk pengiriman sebaiknya memakai foam box dan ice gel untuk mempertahankan kualitas coklat.

Usaha coklat sangat popular dan laris saat moment tertentu seperti  hari Valentine  atau acara khusus sebagai souvenir.  Sebenarnya saat ini coklat sudah semakin banyak dicari orang untuk bingkisan di hari ulang tahun, menempati  rumah baru, jabatan baru, dan sebagainya, selain hari Natal dan Lebaran. Tapi memang tidak dapat disangkal  bahwa untuk  hari Valentine, coklat masih menjadi primadona.

 

Oleh: Yoko Sulistio, Pemilik  Toko Coklat de Chocola

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.