Memilih Waralaba yang Bisa Bertahan Sepanjang Tahun

0
151
cara mewaralabakan uasha (dok bekalpensiun.com)

 

Sekarang ini, di mana harga kebutuhan pokok semakin tinggi dibutuhkan insting yang jeli dalam memilih bisnis sampingan. Dan pilihan Anda untuk menggeluti bisnis waralaba tentu menjadi pilihan yang menarik.

Perlu diketahui, untuk memilih usaha yang akan terus bertahan dan tetap eksis sepanjang masa memang bukan perkara mudah karena selain pilihan usaha yang tepat, sebagai pihak pembeli waralaba (Terwaralaba) juga harus bisa tekun dan gigih dalam mengembangkan usaha tersebut.

Berbicara mengenai pilihan usaha, ada baiknya jika Anda mengambil usaha yang masih dibutuhkan oleh orang sehari-hari. Maksudnya usaha sehari-hari ini adalah usaha yang berhubungan dengan kebutuhan pokok sandang, pangan dan papan dan berbagai usaha lainnya seperti makanan, minuman, pendidikan, salon kecantikan, apotek, fesyen dan bengkel. Bisa dibilang berbagai bidang tersebut erat kaitannya dengan kehidupan kita karena sangat dibutuhkan.

Misalnya saja usaha makanan dan minuman, meskipun sedang krisis, namun orang masih harus makan dan minum karena itu usaha ini akan tetap dicari. Demikian juga dengan pendidikan dan apotek, saat ini orang sudah mulai peduli dan menaruh perhatian yang besar terhadap pendidikan anak-anak dan juga kesehatannya. Tak heran mereka mulai rajin mencari sekolah formal, kursus atau sekolah bakat berkualitas agar anak-anaknya sukses.

Begitu pun dengan bidang salon kecantikan dan fesyen. Bidang ini menarik karena menjanjikan penampilan yang lebih baik bagi para pelakunya. Karena itu meskipun zaman susah, para wanita terutama, tetap bisa menyisihkan dana untuk datang ke salon.

Selanjutnya, setelah memilih bidang usaha, ada baiknya Anda mulai menghitung total investasinya. Untuk bisa bertahan, usahakan jangan membeli waralaba yang muluk-muluk dulu. Maksudnya, yang modalnya terlalu besar tetapi Anda kurang tahu bagaimana seluk beluk bisnisnya. Lebih baik mulai dengan yang kecil tetapi laris dan banyak dicari masyarakat. Semoga Sukses!.

 

oleh: Bambang Wahyu Purnomo

Pengamat Usaha Waralaba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.