Kiat Ekspansi Bisnis Snack Box

0
1639
Snack box (dokprimasaricatering.co.id)

 

Bisnis snack box dan aneka cake termasuk produk yang dicari dan dibutuhkan banyak orang. Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan. Pertama, meluaskan pasar snack box Anda ke kantor-kantor yang ada di kota Anda. Biasanya perkantoran, baik swasta maupun pemerintah membutuhkan snack box untuk rapat, presentasi, atau sejenisnya. Untuk itu Anda dapat membuat surat penawaran ke bagian General Affair atau Pengadaan di kantor-kantor yang ada di kota Anda. Tujuannya supaya mendapat order di luar permintaan kantin sekolah.

Strategi kedua, Anda lakukan distribusi yang luas selain di kantin sekolah atau kampus. Anda bisa lakukan sistem konsiyasi–penitipan produk kue Anda ke berbagai distribusi mulai minimarket, warung, toko kelontong dan sejenisnya. Dengan sistem konsinyasi, para distributor akan membayar saat kue Anda terjual. Lakukan jumlah penitipan yang pas ke distributor yang banyak pembelinya.

Strategi ketiga, Anda mengajak kerja sama dengan para penyelanggara event (EO). EO biasanya memiliki hajatan besar seperti acara pernikahan atau pesta. Kalau Anda sebagai mitra mereka maka Anda bisa memasok keperluan kue yang dibutuhkan para EO. Dengan mitra yang luas maka permintaan kue Anda dari EO semakin besar.

Keempat, Anda bisa tawarkan produk melalui internet. Anda bisa membuat website sendiri atau memakai situs-situs jejaring social. Anda tawarkan kue yang dapat dikirim (delivery order) untuk orang yang ingin memesan langsung ke Anda sesuai acara mereka seperti ulang tahun, hari Valentine, dan lainnya. Tentu saja untuk sistem order langsung ini Anda harus mensyaratkan pembayaran lebih dulu supaya order yang dilakukan tidak dapat dibatalkan pembeli.

Terakhir, Anda perlu menawarkan variasi atau ragam kue yang terus inovatif, misal dari segi rasa, bentuk, atau yang lain. Kalau ada nilai lebih dan keunikan dari kue atau snack box yang Anda tawarkan maka orang akan mencari produk Anda. Ini akan membuka peluang Anda untuk membuka konter sendiri dan berpeluang untuk diwaralabakan di kemudian hari sehingga permintaan merek kue Anda semakin besar. Terus maju untuk bisnis kue atau snack box Anda!

 

Oleh: Istijanto Oei,

Pelatih dan Konsultan Bisnis Prasetiya Mulya,

Penulis Buku: ”Jurus-jurus Sakti Wirausaha”

dan ”Rahasia Sukses Toko Tionghoa”

www.istijanto.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.