Ide Bisnis Tak Harus Baru, yang Penting Strategi dan Teknik Jitu

0
155
Bengkel ketok magic (dok kaskus.id)

Pernah Dengar Perbaikan Body Mobil Ketok Magic?

Di tengah maraknya bengkel perbaikan body kendaraan, bengkel ketok magic ternyata mampu bersaing dengan bengkel umum yang tergolong modern dengan berbagai peralatan yang serba canggih yang digunakan. Karena sistem kerja ketok magic berbeda dengan bengkel pada umumnya, yaitu tergolong cepat, murah dan ajaib maka tidak salah jika banyak orang yang mengatakan kalau teknik bisnis yang digunakan bengkel ketok magic melibatkan unsur-unsur ilmu mistis. Alasannya cukup sederhana “Mereka tidak memperbolehkan klien melihat cara kerjanya” plus (ditambah) lagi ada kata magic. Pas deh kalau mereka seperti bekerja dengan melibatkan keajaiban dan mistis.

Hubungannya dengan Dunia Bisnis

“Lho lalu apa hubungannya semua itu dengan dunia bisnis secara umum ?” Ternyata ketok magic itu dalam memperbaiki bodi penyok tetap dengan mengetok juga. Suatu teknik sistem cara kerja yang wajar, tidak ada yang ajaib atau mistis. Mereka mempunyai keahlian khusus cara mengetok yang baik, mereka berhasil mengaplikasikan keterampilan, pengalaman, kemampuan dan keahlian dalam mengetok ke dalam bisnisnya.

Teknik ini juga tidak membutuhkan peralatan yang mahal dan canggih. Itu sebabnya mereka mampu dan bisa menerapkan harga lebih terjangkau dengan pelayanan dan hasil yang baik. Itulah strategi bisnis ketok magic mereka, sehingga mereka mampu bersaing dengan bengkel las ketok umum lainnya. Bengkel ketok magic yang memberlakukan “Konsumen tidak boleh melihat” itu hanyalah salah satu trik dari strategi bisnis mereka dan itu berhasil mengangkat pamor bisnis mereka di antara bisnis bengkel umumnya.

Begitulah dunia bisnis terkadang memang berbau mistik, seperti bengkel ketok magic dan bisnis lainnya untuk mampu bersaing dan menarik calon pelanggan sebanyak-banyaknya.

Strategi dan Teknik Bisnis yang Teruji

Bisnis yang dilakukan seseorang bisa saja maju pesat dan terkenal, namun sayangnya Anda atau banyak orang tidak  pernah begitu mengetahui bagaimana cara persisnya mereka mampu mengembangkan bisnisnya tersebut. Sehingga Anda dan sebagian orang berpikir bahwa bisnis mereka bisa maju itu karena faktor-faktor :

  • Telah menggunakan mistis.
  • Tergantung nasib yang baik.
  • Adanya faktor keberuntungan.

Ternyata sebetulnya tidak begitu kawan. Bisnis mereka bisa maju karena mereka melibatkan “Strategi dan Teknik Bisnis yang teruji dan Mereka mengikutinya dengan sungguh-sungguh.”

Kalau Anda tidak tahu dan tidak paham tentang  “strategi dan teknik” dalam dunia bisnis, tidak heran jika Anda berpikir seperti mistis, perlunya keajaiban dan perlunya juga keberuntungan.

Dan kalau dugaan Anda sudah tertanam seperti itu,”Seberapa mungkinkah Anda untuk bisa sukses didunia bisnis?”

Coba simak beberapa kriteria atau patokan untuk suksesnya suatu bisnis :

  1. Menguasai betul mengenai produk-produk yang akan Anda jual dan tahu bagaimana kuaaitas produk-produk yang sejenis yang sudah ada di pasar.
  2. Mampu bagaimana cara-cara memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan dibandingkan pesaing lain baik pada saat pembelian (dari pemasok) ataupun setelah penjualan (kepada pelanggan) produk tersebut.
  3. Mengenal baik siapa-siapa saja dan di mana saja pelanggan-pelanggan yang mencari dan memerlukan produk-produk tersebut.

Tahu persis bagaimana tingkat persaingan di pasar, dan begitu juga tahu tingkat harga-harga yang berlaku di pasaran sehingga Anda tahu pesaing-pesaing yang akan mencegah atau menghalangi pelanggan untuk membeli dari Anda.

Karena sudah begitu memiliki kemampuan dan menguasai dasar-dasar bisnis yang ingin dibangun tentu kita akan mampu mengaplikasikan teknik dan strategi bisnis yang kreatif dan penuh inovasi yang mampu membuka dan menerobos pintu-pintu kesuksesan.

Pemahaman Arti Teknik dan Strategi Bisnis

Teknik Bisnis

Bagaimana Anda dapat mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, keahlian dan metode yang Anda miliki ke dalam suatu design bisnis sehingga bisnis Anda mempunyai sistem kerja dan pelayanan serta organisasi yang baik untuk siap dan dapat bersaing.

Strategi Bisnis

Suatu seni bagaimana cara Anda menerapkan strategi untuk menghadapi persaingan bisnis agar dapat keluar sebagai pemenang. Baik itu dalam rangka menghadapi ancaman dari para pesaing baru dan pesaing lama. Serta bagaimana cara Anda dalam mengatasi daya tawar menawar dengan pembeli maupun dengan pemasok untuk mendapatkan harga yang memadai dengan kualitas yang terbaik.

Semoga dengan adanya tulisan ini, siapa pun yang tidak begitu kompeten dalam bisnis akan terdorong untuk bisa menggali potensi keahlian, keterampilan dan pengalaman baik dari dalam diri sendiri ataupun rekan bisnis untuk menciptakan suatu teknik dan strategi bisnis yang penuh kreasi dan inovasi untuk segera memulai bisnis yang unggul. Insya Allah, keajaiban dan keberuntungan dari sang Pencipta akan datang kepada kita semua.

 

Oleh      : Asmat Rochmani, Motivator Usaha

Jl. Bayem 2 /289 Blok A. Kel. Gandaria Utara. Kec.Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

E-mail [email protected]

Website : asmatrch.wordpress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.